Peringati HSN 2021, PCNU Mojokerto Berikan Santunan dan Beasiswa 1.002 Anak Yatim

Peringati HSN 2021, PCNU Mojokerto Berikan Santunan dan Beasiswa 1.002 Anak Yatim Rangkaian proses Hari Santri Nasional di PCNU Kabupaten Mojokerto.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - PCNU menggelar upacara peringatan Tahun 2021 di halaman Kantor PCNU, Jumat (22/10/2021). Upacara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran dan sholawat.

Upacara HSN dihadiri antara lain H Suwandi anggota DPRD Jatim, Gus Salam Wakil Ketua PWNU Jatim, Ketua PCNU, 18 pengurus MWCNU, pengurus pondok pesantren, serta Banom NU. Dalam upacara tersebut, PCNU juga menyerahkan santunan dan beasiswa kepada 1.002 anak yatim.

Ketua PCNU KH Adzim Alwi menyampaikan, adanya menunjukkan pemerintah telah resmi mengakui peran santri terhadap Bangsa Indonesia. Santri merupakan salah satu golongan masyarakat yang ikut berjuang untuk memerdekakan Bangsa Indonesia dari penjajahan.

Penetapan Hari Santri oleh pemerintah merupakan sumbangsih perjuangan santri dalam memepertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia dengan dikeluarkannya Resolusi Jihad oleh Pendiri Nahdlatul Ulama yaitu Hadratussyeikh KH M Hasim Asy’ari.

"Peringatan HSN sebagai wujud bakti para santri ingin mengenang para kiai, santri, serta pejuang yang gugur dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan Resolusi Jihad. Santri diharapkan senantiasa meneruskan perjuangan para ulama terdahulu dalam menjaga keutuhan NKRI," ungkap Kiai Adzim.

Sementara Ketua Panitia HSN Drs. H. M. Shobirin mengatakan selain upacara, peringatan HSN di Mojokerto juga meriahkan sejumlah kegatan. Diawali dengan muskercab, turnamen futsal dan badminton, seminar penguatan organisasi, ngopi soya dan lomba vidio vlog, kemah sako ma'arif, peringatan maulid nabi, lomba foto kontes, pra rakercab dan sosialisasi HSN, lomba karya tulis ilmiah, dan lainnya.

"Panitia HSN juga menginstruksikan kepada MWCNU se-Kabupaten Mojokerto dengan bekerja sama dengan JQH NO, RMI NU, LTM NU untuk melaksanakan Mojokerto Mengaji (Khotmil Qur'an) pada Hari Jumat, 22 Oktober 2021 bersamaan puncak peringatan HSN mulai pukul 06.00 WIB sampai selesai di masjid, mushola, pondok pesantren, TPQ, madin, majelis takim di wilayah setempat," kata H Sobirin. (ris/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO