Vaksinasi Dosis Kedua SMK Diponegoro Gandeng Akademi Angkatan Laut Surabaya

Vaksinasi Dosis Kedua SMK Diponegoro Gandeng Akademi Angkatan Laut Surabaya SMK Diponegoro Sidoarjo menyelenggarakan program vaksinasi dosis kedua bekerja sama dengan Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - SMK Diponegoro Sidoarjo menyelenggarakan program vaksinasi dosis kedua bekerja sama dengan Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya untuk para siswanya. Kegiatan ini dilaksanakan untuk ikut serta menyukseskan progam percepatan vaksinasi pemerintah pusat.

Program vaksinasi dosis kedua dilaksanakan hari Kamis, 07 Oktober 2021 pada pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB. Kegiatan berjalan lancar tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tujuannya untuk mencapai kekebalan komunal siswa di SMK Diponegoro Sidoarjo.

Data peserta vaksinasi dosis kedua diikuti oleh 326 siswa yang terdiri dari siswa jurusan Otomasi Tata Kelola Kantor (OTKP), Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Program vaksinasi ini menjadi syarat pendukung untuk melakukan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) secara terbatas. PTM yang berisiko besar terinfeksi virus Covid-19 menjadi dasar pertimbangan.

Kementerian Pendidikan pun mengambil keputusan untuk memberikan vaksin sinovac lengkap kepada warga sekolah serta memberi izin PTM pada sekolah yang wilayahnya masuk dalam PPKM level 1-3, sehingga diusahakan semua siswa sudah mendapat vaksin dosis kedua yang bertujuan untuk menunjang keselamatan warga sekolah dalam pelaksanaan PTM terbatas.

Tahapan vaksinasi diawali dengan pengisian daftar hadir. Kemudian, siswa diarahkan untuk mengisi bangku kosong sembari menunggu giliran masuk ke tempat screening. Ruang screening dan vaksinasi bersebelahan dengan tempat pengisian daftar hadir. Terdapat beberapa meja petugas yang disiapkan untuk para peserta yang akan melakukan pengecekan suhu, tensi, dan pengisian form screnning.

Siswa yang memenuhi syarat akan diarahkan oleh petugas untuk menuju tempat vaksinasi untuk proses vaksin dan dilanjut dengan proses observasi selama 15 menit. Jika selama 15 menit setelah disuntik vaksin tidak terdapat keluhan, siswa sudah diperbolehkan pulang, tetapi bila terdapat keluhan diharap lapor pada petugas yang ada.

Kepala SMK Diponegoro Sidoarjo Mochammad Fuad Nadjib, menuturkan pelaksanaan program vaksinasi ini merupakan kali kedua sebagai tindak lanjut dari vaksinasi pertama yang telah dilaksanakan sebelumnya.

"Vaksinasi bagi dunia pendidikan merupakan salah satu keharusan untuk mencapai herd immunity, terutama dunia pendidikan yang akan melaksanakan pertemuan tatap muka (PTM), setelah sekian lama pendidikan kita melaksanakan pendidikan secara virtual atau daring, yang sampai sekarang membuat jenuh terutama para peserta didik," ucapnya

Alumni Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif ini juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Akademi Angkatan Laut yang mau bekerja sama dan menfasilitasi vaksinasi dosis kedua ini.

"Saya atas nama SMK Diponegoro Sidoarjo sangat berterima kasih kepada pihak Akademi Angkatan Laut yang telah menfasilitasi kami, mulai tenaga medis sampai vaksinnya, terutama ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Gubernur Akademi Angkatan Laut Mayor Jendral (Mar) Nur Alamsyah, Kolonel Laut Syaichu, Kolenel Laut Asep Iwa Soemantri, dan kawan-kawan tim AAL. Mudah-mudahan kerja sama dan kolaborasi ini tidak berhenti pada saat vaksinasi ini saja, melainkan juga berkelanjutan," pungkasnya. (ian/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO