Uji Coba, Kampung Coklat Blitar Buka Kembali, Dua Wisata Menyusul

Uji Coba, Kampung Coklat Blitar Buka Kembali, Dua Wisata Menyusul Wisata Kampung Coklat di Kademangan, Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Wisata Kampung Coklat kembali dibuka meski Kabupaten masih berstatus PPKM Level 3. Wisata edukasi yang terletak di Kecamatan Kademangan, Kabupaten , itu mulai beroperasi kembali sejak Jumat 1 Oktober 2021.

Namun, Pengelola Wisata Kampung Coklat memberlakukan syarat untuk bisamasuk ke area wisata. Salah satunya, pengunjung harus sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Pengelola memberlakukan scan barcode menggunakan Aplikasi PeduliLindungi untuk memastikan pengunjung sudah divaksin.

"Sudah buka dengan syarat pengunjung sudah vaksin. Karena kami memberlakukan scan barcode PeduliLindungi untuk masuk ke area wisata," ujar Edi Purwanto, Pengelola Wisata Edukasi Kampung Coklat, Rabu (6/10/2021).

Selain itu, pengunjung juga wajib mematuhi protokol kesehatan (prokes). Di antaranya memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak.

Selama uji coba pembukaan ini, anak-anak di bawah usia 12 tahun sementara belum bisa masuk ke lokasi wisata. "Sementara (anak di bawah usia 12 tahun) belum bisa (masuk)," imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten , Suhendro Winarso, mengatakan lokasi wisata belum diperbolehkan buka. Sebab, meski hasil asesmen Kemenkes menerangkan Kabupaten sudah berada di level 1, namun dalam Inmendagri masih berada di level 3.

Khusus Wisata Kampung Coklat sudah boleh beroperasi, karena sudah mendapat Sertifikasi (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk uji coba.

"Sementara hanya satu wisata diperbolehkan uji coba buka kembali, yakni wisata di Kampung Coklat, karena sudah mendapat surat rekomendasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk uji coba,” kata Suhendro Winarso.

Menurutnya, selama ini Pengelola Wisata Kampung Cokelat aktif mengurus langsung sertifikat ke kementerian. Selain Kampung Coklat, saat ini ada dua wisata lainnya yang tinggal menunggu surat rekomendasi dari kementerian, yaitu Park dan Lekso Adventure. (tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO