Gunakan Dana DBHCHT, ​Disperindag Probolinggo Bakal Wujudkan KIHT, Target 5 Bulan Terealisasi

Gunakan Dana DBHCHT, ​Disperindag Probolinggo Bakal Wujudkan KIHT, Target 5 Bulan Terealisasi Plt Kepala Disperindag Probolinggo Mohammad Natsir.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) merencanakan pembangunan Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT).

Plt Kepala , Mohammad Natsir, mengatakan pembangunan Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) akan direalisasikan di tahun 2021 ini menggunakan anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

"Kita siapkan di tahun ini, KIHT sudah bisa kita realisasikan. Rencananya, KIHT itu berada di Kecamatan Paiton. Di sana, nanti ada laboratoriumnya, IPAL-nya, juga ada gudang tembakau dan industri sigaret kretek mesin. Tempatnya kita siapkan bertahap dari rencana 5 hektare. Bisa siapkan dulu 2-3 hektare lahannya. Ini bertahap, target 5 bulan ke depan bisa terealisasi," ujar Mohammad Natsir kepada BANGSAONLINE.com di kantornya, Senin (4/9).

Dengan adanya KIHT, nantinya tembakau yang dihasilkan petani dapat bisa dijual langsung kepada KIHT. Sehingga, secara otomatis bisa membantu petani tembakau yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Sebagai daerah yang merupakan penghasil tembakau berkualitas baik di Jawa Timur, kata Natsir, Kabupaten Probolinggo dituntut mampu memberikan jaminan kesejahteraan bagi petani tembakau dan UMKM lainnya.

"Dibentuknya KIHT ini bertujuan menumbuhkan industri lokal, penyerapan tenaga kerja, meningkatkan pendapatan petani dan memudahkan pengawasan. Ini juga bagian untuk pengoptimalisasi penggunaan DBHCHT yang muaranya nanti juga membentuk IKM hasil tembakau legal. Karena, kita juga menggandeng kantor bea cukai untuk mempermudah mendapatkan cukainya," terangnya.

Pihaknya optimis KIHT ini dapat terealisasi di tahun 2021 ini.

"Kabupaten Probolinggo merupakan daerah yang siap merealisasikan KIHT ini. Dengan begitu, kita akan mewujudkan itu, karena manajemen di dalamnya akan dibantu langsung oleh pemkab. Termasuk kita juga berdayakan seluruh gudang-gudang yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo. Kita berharap semuanya berjalan lancar, mohon doanya," pungkasnya. (ndi/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO