Wacana Reaktivasi Jalur Kereta Api Sebagai Penyokong Industri di Tuban Masuki Ranah Diskusi

Wacana Reaktivasi Jalur Kereta Api Sebagai Penyokong Industri di Tuban Masuki Ranah Diskusi Kepala Dinas Perhubungan Tuban, Gunadi.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Wacana reaktivasi di Kabupaten memasuki ranah diskusi. Perlunya jalur angkutan massal itu guna mendukung industri di . Salah satunya proyek kilang minyak Grass Root Refinery (GRR) yang akan segera dimulai.

"Reaktivasi ini salah satu proyek strategis nasional untuk mendukung industri di , semua pelaku industri menginginkan angkutan massal kereta api," ujar Kepala Dinas Perhubungan , Gunadi kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (26/9/2021).

Meskipun bahasannya reaktivasi, kata Gunadi, namun bukan berarti mengaktifkan kembali jalur rel lama yang sudah ada. Sebab, kondisi sekitar rel saat ini telah dipadati permukiman penduduk. Selain itu, jalur rel lama juga melintasi banyak persimpangan jalan. 

"Bayangkan kalau rel yang ada itu diaktifkan, akan terjadi 'jagal manusia' karena sekian meter sudah ada persimpangan. Usulan kami keberadaan di ini tidak bersimpangan dengan jalan nasional," ujar Gunadi.

Terkait rencana keberadaan , pihaknya masih menunggu hasil kajian lapangan yang dilakukan tim konsultan. Karena pembangunan banyak aspek yang dipertimbangkan. Seperti, kemiringan tanah, kelokan, dan lain sebagainya.

"Wacana dari konsultan mengusulkan stasiunnya berada di sekitar Terminal Kambang Putih, sehingga dimungkinkan jalurnya nanti sekitar JLS. Harapannya, keberadaan ini bisa digunakan sebelum proyek GRR," pungkasmMantan sekretaris dishub itu menambahkan.

Sebatas diketahui, terdapat dua wacana proyek pembangunan di Kabupaten . Pertama, Semarang-Rembang- yang telah dibahas Direktorat Jenderal Kereta Api, dan wacana pembahasan Jalur -Babat yang dicanangkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. (gun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO