Bendera Afghanistan Diganti Bendera Taliban, Bagaimana Lagu Kebangsaannya?

Bendera Afghanistan Diganti Bendera Taliban, Bagaimana Lagu Kebangsaannya? Dahlan Iskan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Bendera Afghanistan diganti bendera Taliban. Apa ini indikator bahwa Taliban tetap fundamentalis? Lalu bagaimana dengan lagu kebangsaannya?

Simak tulisan wartawan kondang, Dahlan Iskan, berjudul Bendera Pemberani di Disway hari ini, 13 September 2021. Di bawah ini BANGSAONLINE.com menurunkannya secara lengkap. Selamat membaca:

KETIKA anak-anak muda di Kabul berdemo untuk apa saja, mereka tampak tetap mengibarkan bendera tri-warna: hitam putih hijau.

Itulah bendera nasional yang diciptakan di tahun 1928 yang terinspirasi dari bendera Jerman. Ketika itu pimpinan Afghanistan melakukan kunjungan ke Jerman. Lalu meniru saja bendera tiga warna di sana. Warnanya saja yang diganti.

Kelihatannya generasi muda Afghanistan sekarang tetap menyukai bendera seperti itu. Biarlah bendera itu tetap sebagai bendera negara Afghanistan.

Padahal sejak 16 Agustus 2021 sudah diberlakukan bendera baru: satu warna, putih, dengan tulisan Arab warna hitam. Bunyi tulisan Arab itu sama dengan yang harus diucapkan oleh siapa pun ketika mulai menyatakan diri menganut agama Islam. Yakni dua kalimat: Tidak ada Tuhan selain Allah. Muhammad itu Rasul Allah.

Bendera terbaru ini adalah bendera lama: bendera Taliban 1.0. Berarti tidak ada perbedaan dengan bendera Taliban 2.0.

Bahkan antara bendera Taliban dan bendera negara dibuat sama.

Jadi, apakah Taliban itu? Negara? Partai penguasa? Atau apa?

Saya pun mencari tahu: apakah Taliban itu? Jawabnya: Taliban adalah gerakan politik dan tentara Islam Deobandi di Afghaniatan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO