Tingkatkan Kapasitas dan Kompetensi Sekdes, Pemkab Gandeng UM Jember Luncurkan Sekolah Desa Cerdas

Tingkatkan Kapasitas dan Kompetensi Sekdes, Pemkab Gandeng UM Jember Luncurkan Sekolah Desa Cerdas Bupati Jember Hendy Siswanto saat membuka Bimtek Sekolah Desa Cerdas (BSDC) di Gedung Ahmad Zainuri UM Jember, Rabu (8/9).

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Jember bekerja sama dengan Fakultas Ekononi Universitas Muhammadiyah (UM) Jember meluncurkan program Sekolah Desa Cerdas (SDC).

Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi aparatur desa, yakni Sekretaris Desa (Sekdes).

“Sudah saatnya Jember bergotong-royong dan menggandeng dengan semua lini, tentunya untuk kemajuan Jember,” kata Bupati Jember Hendy Siswanto saat membuka Bimtek Sekolah Desa Cerdas (BSDC) di Gedung Ahmad Zainuri UM Jember, Rabu (8/9).

“Bentuk sinergi Pemerintah Kabupaten Jember (DPMD) dengan UM ini diharapkan mengahasilkan output dan outcome yang terukur untuk peningkatan kinerja aparatur desa di Kabupaten Jember,” ujarnya.

Menurut Hendy, dari 2,5 juta masyarakat Jember, 70 persen merupakan masyarakat desa yang mempunyai potensi luar biasa. Karena itu, ia berharap sekdes bisa menggali kekayaan alam dan Sumber Daya Manusia (SDM) di desa masing-masing.

“Jangan sampai salah langkah dan salah program, sekdes harus bisa membaca potensi dari desanya. Karenanya mereka juga harus mampu menjadi marketing untuk mengangkat potensi yang ada di desa,” ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...