Gelar Musrembang 2021-2026, Bupati Jember: RPJMD Harus Pertimbangkan Permasalahan Eksisting

Gelar Musrembang 2021-2026, Bupati Jember: RPJMD Harus Pertimbangkan Permasalahan Eksisting Bupati Hendy, Wabup Gus Firjoun, Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi, berserta OPD dan undangan lainnya saat hadiri Musrenbang RPJMD 2021-2026.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Jember tahun 2021-2026, Sabtu (21/8), di Aula Pendopo Wahyawibawagraha.

Agenda tersebut dipimpin langsung oleh untuk merumuskan program kerja 5 tahunan secara detil dari penjabaran visi dan misi kepala daerah yang kemudian akan dibahas bersama DPRD untuk disahkan menjadi Perda RPJMD.

Hendy menyampaikan terima kasih atas semua saran dari DPRD Jember terhadap Rancangan Awal RPJMD yang nota kesepakatannya telah ditandatangani dan disahkan (oleh Eksekutif dan Legislatif). Setelah itu proses RPJMD ini telah diajukan ke Gubernur Jawa Timur, dan saat ini dimusyawarahkan bersama.

“Ini merupakan acara 5 tahunan yang bertujuan untuk menjaring aspirasi masyarakat dan menyepakati rencana kegiatan yang menjadi prioritas pembangunan ke depan,” ujarnya.

“Dalam perumusan RPJMD harus selaras dengan RPJMP Jatim dan RPJMN, keselarasan ini merupakan wujud sinergi antara pemerintah pusat sampai pemerintah daerah. RPJMD juga harus disusun berpedoman pada Perda RTRW Kabupaten Jember yang mengatur struktur dan pola wilayah Kabupaten Jember,” ungkap Hendy

Hendy melanjutkan, RPJMD juga harus mempertimbangkan permasalahan eksisting di Kabupaten Jember meliputi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat hingga kinerja pemerintahan.

“RPJMD juga harus dapat menangkap peluang ke depan, di mana peluang tersebut menjadi isu strategis dalam pembahasan RPJMD ini. Kemudian RPJMD harus dapat menjabarkan visi dan misi Bupati dan Wakil dengan baik serta dapat mengakomodir janji politik kepada masyarakat,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Gus Firjoun, Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi, berserta OPD dan undangan lainnya. (yud/eko/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO