Bagikan Sayur Mayur Gratis ke Tetangga di Masa Pandemi, Jumat Berkah ala Guru Honorer di Jember

Bagikan Sayur Mayur Gratis ke Tetangga di Masa Pandemi, Jumat Berkah ala Guru Honorer di Jember Ibu-ibu sedang sibuk memilih sayuran yang dibutuhkan untuk memasak menu hari ini.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir tak lantas membuat masyarakat putus asa. Bahkan, situasi yang serba sulit ini jika dipandang dari sisi positif akan memunculkan ikatan sosial yang tinggi. Seperti kisah inspiratif Suryani, warga Desa Sidomekar, Kecamatan Semboro Kabupaten .

Ia memanfaatkan pandemi ini untuk menabur berkah dengan berbagi sayuran kepada tetangganya setiap hari Jumat.

Perempuan yang akrab disapa Bu Yeni ini menyiapkan tempat layaknya orang berdagang sayuran. Kemudian, sayuran yang sudah digelar di atas meja itu dibagikan ke tetangganya dan warga sekitar yang berada di Desa Sidomekar.

Bahkan tidak hanya sayur mayur, Yeni juga membagikan lauk pauknya sekaligus.

Menurut Yeni, kegiatan Jumat Berkah tersebut awalnya dilakukan di masjid. Ia membagikan makanan untuk jamaah Salat Jumat.

"Jumat Berkah ini sudah berjalan kira-kira 8 bulanan, namun berbagi sayur mayur ini masih berjalan 4 bulanan," tutur Yeni saat ditemui di kediamannya. Jumat, (13/08).

Dibantu dengan suaminya serta kedua anaknya, sehari sebelum hari Jumat, Yeni harus menyiapkan sayur mayur. Ia mengatakan, bukan hal mudah mendapatkan sayur mayur segar. Yeni bersama keluarga kecilnya mencari hingga ke luar kecamatan. Seperti sawi, terong, genjer, kenikir, bayam, dan pakis dia beli langsung dari petaninya.

"Kita harus selektif memilih sayuran terbaik, terlebih untuk menghemat saja mas. Kan kita harus membagi beberapa item-item sayuran supaya lengkap. Kalau beli ke pasar, beda lagi harganya," ungkap guru pengajar Mapel Bahasa Inggris ini.

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO