Bupati Yuhronur Berharap Air Bersih Lamongan Selatan Tuntas 17 Agustus

Bupati Yuhronur Berharap Air Bersih Lamongan Selatan Tuntas 17 Agustus

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Yuhronur Efendi berharap proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Mojokerto - - Gresik (Mojolagres) dapat segera dituntaskan. Hal tersebut diungkapkan Yuhronur saat meninjau perbaikan pipa air bersih di Jalan Raya Sambeng-Mantup, Jumat (13/8).

“Saya minta pembangunan air bersih selatan segera dituntaskan 17 Agustus,” tutur bupati.

Usai meninjau perbaikan pipa, bupati kemudian memantau Offtake SPAM Regional Mojolagres yang berlokasi di Lapangan Mayangkara Polsek Mantup. Pembangunan offtake dengan kapasitas 10 liter/detik yang dapat disalurkan hingga 1.000 Sambungan Rumah (SR) tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih warga desa setempat.

“Semoga dengan adanya SPAM ini dapat memberi kemanfaatan pada penduduk desa untuk kebutuhan sehari-hari. Kita tahu sebelumnya penduduk desa masih menggunakan air telaga untuk dimanfaatkan sehari-harinya. Dengan keberadaan SPAM ini, kebutuhan air bersih dapat terpenuhi,” ungkap dia.

Lebih lanjut Yuhronur mengungkapkan, offtake yang dapat menjangkau 1.000 SR tersebut saat ini baru disalurkan untuk 500 SR. Masing-masing 150 SR di Desa Glugu Kecamatan Mantup dan 350 SR di Desa Pelang Kecamatan Kembangbahu. Dengan kapasitas tersebut, ke depannya PDAM Kabupaten akan terus memaksimalkan sesuai kapasitas maksimumnya.

Proyek SPAM Regional Mojolagres sendiri dimulai pada Bulan Juli 2020 hingga Agustus 2021. Sementara untuk bahan bakunya PDAM membeli air curah dari PT Air Bersih Jatim (Perseroda) yang diambil dari Sungai Brantas, Gedeg Mojokerto. (qom/ns) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO