Menengok Kesiapan Faskes Kota Kediri Melayani Ibu Hamil Terpapar Covid-19

Menengok Kesiapan Faskes Kota Kediri Melayani Ibu Hamil Terpapar Covid-19 Tenaga kesehatan saat memeriksa seorang ibu hamil. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pelayanan prima telah disiapkan Kota Kediri untuk melayani yang terpapar Covid-19. Sebagai Rumah Sakit Rujukan Maternal Covid se-Eks Karesidenan Kediri, rumah sakit ini menerima yang terpapar Covid-19, baik untuk pemeriksaan hingga persalinan.

Dokter Jaga Poliklinik Obgyn , dr. Sutoko Andrianto, Sp.OG. mengatakan, bagi ibu yang terpapar Covid-19 dan melakukan pemeriksaan masih diterima dengan protokol kesehatan yang ketat dan dilakukan screening terlebih dahulu.

"Bahkan kami beranggapan selalu sedang berhadapan dengan suspect covid, sehingga kami selalu berwaspada," ujar dr. Sutoko, Selasa (10/8).

Ia memaparkan, bahwa memiliki potensi 40% lebih cepat terpapar Covid-19 dan tidak bergejala. Hal ini terjadi karena perubahan hormon yang ada di dalam tubuhnya.

"Pada awalnya tubuh ibu menolak ketika ada janin di dalam kandungan. Namun dengan adanya perubahan hormon, tubuh ibu lebih adaptif. Sama halnya dengan virus yang masuk tubuh , tidak akan ada gejala," papar dr. Sutoko.

Menurut data di per bulan Juli 2021, terdapat 95 kunjungan dengan 53 di antaranya merupakan suspect Covid-19.

Berkaitan dengan pelayanan bersalin, dr. Sutoko menyampaikan telah menyiapkan 2 ruangang lengkap dengan Hepa Filter khusus bagi suspect Covid-19.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO