Tekan Angka Kematian Pasien Isoman Covid-19, Pemkab Jember Bentuk Tim Relawan Penanganan

Tekan Angka Kematian Pasien Isoman Covid-19, Pemkab Jember Bentuk Tim Relawan Penanganan Bupati Jember Hendy Siswanto.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember membentuk tim relawan kesehatan untuk memberikan edukasi kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) dan warga yang terdampak Covid-19. Relawan tersebut berasal dari mahasiswa kedokteran yang dimotori oleh Ikatan Alumni Universitas Airlangga di Kabupaten Jember, Senin (9/8/2021).

Menurut Bupati Jember Hendy Siswanto, relawan tersebut akan mendatangi warga isoman untuk memberikan edukasi dasar medis kepada warga sebagai upaya menekan angka kematian pasien Covid-19 yang ada di luar fasilitas pelayanan rumah sakit.

Tim relawan yang akan ditugaskan, lanjutnya, seluruhnya berjumlah 66 orang, 22 di antaranya adalah mahasiswa aktif kuliah dari kedokteran, sementara yang lain adalah berasal dari kesehatan (dokter) sebagai mentor dari relawan tersebut.

"Setelah ini mereka (relawan) akan mendatangi tempat PPKM yang berbasis hulu yakni di tingkat RT/RW yang sedang menjalani isoman untuk memberikan edukasi tentang pola penanganan yang benar, sebab ini rawan jika mereka tidak dipantau oleh ahlinya," jelas .

"Mereka juga akan bisa mengukur perkembangan dari kondisi warga isoman, jika semisal kondisi mereka perlu mendapat perawatan yang intensif dari dokter maka itu akan cepat tertangani, sebab sudah ada yang ngontrol," imbuhnya.

Menurutnya, hal itu penting dilakukan untuk bisa menilai kondisi kegawatan pasien Covid-19 yang sedang menjalani isoman. "Ini kita lakukan bagian dari ikhtiar semata-mata untuk menyelamatkan nyawa. Selain itu, mereka juga memberikan edukasi kepada warga terdampak sehingga Covid-19 ini bisa disikapi agar ekonomi kita akan segera pulih kembali," ujarnya.

Sementara itu, Mahasiswa Kedokteran Universitas Jember (Unej) Felicia Ivana Putri selaku tim relawan menyampaikan bahwa dirinya masuk menjadi bagian dari tim tersebut untuk memberikan manfaat kepada warga.

"Daripada di rumah saja, jadi saya ingin bermanfaat bagi banyak orang," ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa tugas yang akan ia lakukan untuk memberikan edukasi serta sosialisasi kepada masyarakat tentang Covid-19 dan PPKM. "kami akan bersama juga mendampingi satgas Covid-19 ke rumah-rumah warga yang sedang menjalani isoman," ujarnya.

Sebelum melakukan tugas pendampingan, relawan akan dibekali dengan materi tentang teknis pelaksanaan di lapangan, dan juga akan diberi APD lengkap oleh Pemkab Jember. (adv/yud/eko/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO