Takut Sama Ambulans, Pemkot Blitar Siapkan Armada Khusus untuk Jemput Warga Isoman

Takut Sama Ambulans, Pemkot Blitar Siapkan Armada Khusus untuk Jemput Warga Isoman Armada ambulans saat memasuki tempat isolasi terpusat pasien Covid-19 tanpa gejala di Kota Blitar.

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar menyiapkan armada khusus untuk memindahkan warganya yang sedang isolasi mandiri (isoman) ke terpusat di Asrama PGSD Universitas Negeri Malang (UM). Dengan armada khusus ini, maka ambulans tak lagi digunakan untuk menjemput warga yang akan diisolasi di terpusat.

Dikonfirmasi soal hal itu, Wali Santoso menyampaikan alasan tak lagi menggunakan ambulans. Kata dia, Satgas Covid-19 menemui kendala saat memindahkan warga yang menjalani isolasi mandiri menuju ke terpusat. Warga sulit dibujuk untuk dibawa ke terpusat karena kesan menakutkan pakai mobil ambulans.

"Secara psikologis kalau ada suara ambulans meraung-raung justru membuat masyarakat enggan dibawa ke tempat isoter karena takut. Sehingga harus ada terobosan khusus agar proses pemindahan berjalan lancar. Petugas juga tidak kesulitan membujuk warga. Makanya kita siapkan mobil khusus, bukan ambulans," tutur Santoso, Minggu (8/8/2021).

Diberitakan sebelumnya, menyiapkan rumah isoter. Hal ini dilakukan seiring dengan melonjaknya kasus Covid-19 di dan banyak warga yang melakukan isoman di rumah. Namun karena kurangnya pengetahuan soal Covid-19, banyak yang terlambat penanganan sehingga meninggal dunia. Diharapkan, selama menjalani isolasi warga positif Covid-19 yang awalnya tanpa gejala bisa segera tertangani jika sewaktu-waktu muncul gejala.

Di tempat isoter Asrama PGSD UM ada 50 kamar yang disiapkan. Satu kamar terdiri dari 4 tempat tidur. Selama berada di rumah isoter, mereka akan mendapatkan pengawasan 24 jam oleh tenaga kesehatan. juga menyiapkan makan minum hingga fasilitas wifi gratis bagi mereka yang sedang diisolasi. Selain itu, petugas TNI dan Polri akan melakukan pengamanan di sekitar lokasi isolasi. (ina/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil di Jakarta Timur Halangi Ambulans Saat Bawa Pasien':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO