Akademisi Kebidanan Kota Kediri Sebut Vaksinasi Covid-19 Aman untuk Ibu Hamil

Akademisi Kebidanan Kota Kediri Sebut Vaksinasi Covid-19 Aman untuk Ibu Hamil Seorang ibu hamil saat diperiksa oleh petugas. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Menyusul pengumuman yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kota Kediri melalui akun Instagram resminya terkait vaksinasi untuk , Susanti Pratamaningtyas, Dosen Poltekkes Kemenkes Malang Kampus IV Prodi Kebidanan Kediri menyebutkan bahwa vaksinasi Covid-19 untuk adalah aman.

"Sesuai dengan SE Kemenkes No: HK.02.01/I/2007/2021 vaksinasi untuk sudah diperbolehkan dan dinyatakan aman, justru hal tersebut sangat disarankan untuk membentuk sistem kekebalan tubuh pada ," kata Susanti yang juga berprofesi sebagai bidan tersebut, Rabu (4/8/2021).

Menurut Susanti, kehamilan dikategorikan sebagai komorbid ketika terpapar Covid-19. Ibu hamil itu, lanjut Susanti, sistem kekebalan tubuhnya rawan menurun. Dengan divaksin, bisa membantu terbentuknya sistem kekebalan tubuh untuk .

Wanita yang juga bertindak sebagai Kepala Program Studi Kampus IV Kebidanan Kediri ini mengatakan bahwa saat ini kasus kematian akibat Covid-19 pada perlu diwaspadai. "Harapannya (vaksinasi) bisa menekan angka kematian ibu yang sedang hamil karena Covid-19," tandasnya.

Saat disinggung mengenai kejadian ikutan pasca-imuniasasi (KIPI), Susanti mengungkapkan hal tersebut tetap ada, namun tidak berat.

"Saya rasa aman ya, apalagi untuk vaksin jenis bisa diterima oleh dan KIPI yang ditimbulkan pun juga tidak berat. Selain itu, saran saya perbanyak konsumsi makanan bergizi bagi para untuk menjaga stamina tetap bagus sekalipun pasca-mendapatkan vaksinasi," imbuh Susanti.

Meski telah divaksin, Susanti mewanti-wanti harus tetap tertib protokol kesehatan, sebab itu merupakan salah satu bentuk benteng diri dari Covid-19 selain juga dibarengi dengan vaksinasi.

Sebagai informasi, vaksinasi untuk Ibu hamil ini berdasarkan pengumuman yang diterbitkan oleh Dinas Kesehatan Kota Kediri mengacu pada Surat Edaran Kementerian Kesehatan. Vaksinasi pada bisa diberikan kepada dengan usia kehamilan 14-33 minggu.

Sementara itu, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyampaikan, vaksinasi ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat. "Para ini kami beri perhatian khusus karena mereka termasuk kelompok rentan dan perlu mendapat pelayanan maksimal karena setara dengan pasien disertai komorbid," ujar Mas Abu, sapaan akrab Wali Kota Kediri.

Menurut Mas Abu, Dinas Kesehatan Kota Kediri akan segera menyusun jadwal vaksinasi dan menggandeng PKK Kota Kediri untuk mendorong percepatan vaksinasi. "Mudah-mudahan minggu depan sudah terealisasi kita bisa memvaksinasi ," harap Mas Abu. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO