Kamis, 29 Juli 2021 07:11

Pantau Warga Isoman, Pemkot Kediri Salurkan Puluhan Paket APD untuk Petugas PPKM

Kamis, 22 Juli 2021 13:38 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Pantau Warga Isoman, Pemkot Kediri Salurkan Puluhan Paket APD untuk Petugas PPKM
Paket APD siap dibagikan ke kecamatan. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Permintaan alat pelindung diri (APD) dari 46 kelurahan dan 3 kecamatan akhirnya dipenuhi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri melalui dinas kesehatan (dinkes) setempat, Rabu (21/7) kemarin.

APD itu sebelumnya diajukan kelurahan dan kecamatan saat Zoom Meeting bersama seluruh OPD. Tujuannya, digunakan saat memantau kesehatan warga yang terpapar Covid-19.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Kediri Alfan Sugiyanto menjelaskan, pihaknya telah menyalurkan 49 paket APD. Rinciannya, 3 paket untuk kecamatan dan 46 paket untuk kelurahan.

Alfan mengungkapkan, tiap paket APD tersebut terdiri dari 25 botol hand sanitizer, 15 boks masker bedah, 1 botol vitamin, 2 boks hand scoon, dan 1 bundel flyer isoman.

BACA JUGA : 

Ringankan Beban Masyarakat, Polres Kediri Bagikan Sembako untuk Warga Pinggiran Eks Lokalisasi

Pastikan Bantuan Sampai di Tangan, Bupati Kediri Datangi Rumah Warga Isoman Pakai Vespa

Wali Kota Kediri Tinjau Penyaluran Bantuan Sosial Beras untuk 21.998 KPM

Masih Pandemi, Ritualan 1 Suro di Petilasan Sri Aji Joyoboyo Kembali Ditiadakan

Paket APD tersebut didistribusikan ke tiap-tiap kecamatan, selanjutnya oleh kecamatan dibagikan ke kelurahan masing-masing. "Kalau sudah di kelurahan, nanti ada tim relawan PPKM yang melakukan tracer kesehatan ke warga," terang Alfan, Rabu (22/7/2021) kemarin.

Hasil pemantauan kesehatan yang dilakukan tracer itulah yang akan dilaporkan ke puskesmas wilayah, kemudian diteruskan ke dinkes. Diharapkan penggunaan APD oleh petugas tracer dapat mencegah munculnya klaster penyebaran baru Covid-19.

Camat Mojoroto Bambang Tri Lasmono mengatakan pihaknya 15 paket APD dari dinkes. "Empat belas paket untuk kelurahan dan satu paket untuk kecamatan," terangnya.

Sebelum membuat pengajuan ke dinkes, pihaknya terlebih dahulu mendata jumlah petugas di PPKM dan mendata barang apa saja yang diperlukan.

Bambang juga menjelaskan mekanisme tracing yang dilakukan tenaga tracer. Awalnya tim menyampaikan data warga isoman kepada dinkes. Selanjutnya petugas melakukan wawancara untuk mendeteksi keluarga-keluarga yang berkontak erat dengan pasien isoman. Petugas tracer ini terdiri dari relawan PPKM beserta tiga pilar dan puskesmas.

“Harapan kami sebagai penerima paket semoga dapat mencegah penularan warga yang isoman kepada petugas kita, yang kedua sebagai bentuk ikhtiar untuk tetap sehat agar bisa melayani masyarakat," pungkas Bambang. (uji/zar)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...