Bupati Kediri Beri Contoh Masyarakat Sembelih Hewan Kurban di RPH

Bupati Kediri Beri Contoh Masyarakat Sembelih Hewan Kurban di RPH Sapi Limousin yang siap dikurbankan. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Hanindhito Himawan Pramana mengajak masyarakat untuk menyembelih melalui rumah potong hewan (RPH) guna menghindari risiko penularan Covid-19.

Bahkan untuk memberi contoh kepada masyarakat, Bupati Hanindhito juga berencana akan memotongkan sapinya di RPH.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri, dr Tutik Purwaningsih. Menurutnya, ada dua ekor sapi kurban Bupati Hanindhito yang akan dipotong di RPH Pare.

"Beliau mencontohkan kepada kita semua untuk menyembelih melalui RPH," ujar Tutik, Senin (19/7/2021).

Tutik melanjutkan, bahwa daging sapi kurban milik itu nantinya akan dibagikan kepada warga yang jalani isolasi mandiri Covid-19.

"Daging itu akan dibagikan di Desa Turus Gampengrejo, di mana ada 52 KK yang besok akan mendapat paket kurban dari Mas Bup," jelasnya.

Tutik mengatakan, bahwa Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan sudah menyediakan sejumlah RPH yang bisa digunakan untuk menyembelih . Selain RPH Pare, juga RPH Wates.

"Meski biasa menyembelih hewan, tapi akan beda suasananya kalau yang kita sembelih ," imbuhnya.

Ia menambahkan, hingga saat ini sudah ada 18 ekor sapi yang sudah terdaftar akan disembelih di RPH Pare. Sedangkan di RPH Wates 6 ekor sapi.

"RPH Pare memiliki sejumlah fasilitas dan peralatan yang cukup lengkap dan higienis. Secara personel, peralatan dan sarana prasarana kita sangat siap," pungkasnya. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO