2.743 Mahasiswa se-Indonesia Bersaing Ikut Program Magang Merdeka Pemkot Kediri

2.743 Mahasiswa se-Indonesia Bersaing Ikut Program Magang Merdeka Pemkot Kediri Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Program Magang Merdeka yang diselenggarakan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan mendapat antusiasme luar biasa dari mahasiswa di berbagai daerah.

Per tanggal 15 Juli 2021, sudah 2.743 mahasiswa mendaftarkan diri untuk ikut program Magang Merdeka. Sementara hanya 51 mahasiswa yang akan diterima. Kota Kediri saat ini pertama dan satu-satunya mitra Kementerian Pendidikan untuk kategori pemerintah daerah.

"Antusiasme ini luar biasa, artinya ini 1 dibanding 50 yang akan diterima, sudah seperti bersaing masuk di perguruan tinggi negeri," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Balai Kota Kediri, Kamis (15/7/2021).

Menurut Mas Abu, sapaan akrabnya, konsep pembelajarannya nanti edutainment. Selain nanti didampingi mentor dan belajar realita di masyarakat, nanti mahasiswa juga diajak untuk mengenal Kota Kediri, dari sisi sejarah, event kreatif, wisata, UMKM, dan potensi lainnya.

"Kami punya banyak kegiatan yang bisa melibatkan mahasiswa magang. Ini juga waktu yang tepat mahasiswa ikut Magang Merdeka. Mereka bisa ikut membantu proses memperkuat ekonomi di masa pandemi," harap Wali Kota Kediri.

Mas Abu juga berharap, nantinya mahasiswa tidak hanya belajar dari program Prodamas saja, tapi bisa mendalami berbagai inovasi dan potensi yang dimiliki Kota Kediri. Serta ilmu yang didapatkan bisa ditransfer ke daerah masing-masing peserta.

Sebagai informasi, saat ini calon peserta magang masih bisa mendaftarkan diri pada alamat https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/magang hingga penutupan pada tanggal 31 Juli 2021 mendatang. Program Magang Merdeka di Kota Kediri akan berlangsung pada 23 September 2021-31 Januari 2022. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pria di Kediri Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Api':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO