PLN Terus Lakukan Pemeliharaan Keandalan Pasokan Listrik Saat Pandemi

PLN Terus Lakukan Pemeliharaan Keandalan Pasokan Listrik Saat Pandemi Beberapa personel PLN UIT JBM yang sedang melakukan proses cleaning.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Demi menjaga kualitas kelistrikan kepada seluruh pelanggan, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Madiun melakukan pemeliharaan komponen yang berada di gardu induk (GI).

Seperti yang dilakukan pada isolasi peralatan material transmisi utama (MTU) pada GI Kerek dan GI Semen Tuban 3. Pemeliharaan tersebut dilakukan oleh para petugas dari ULTG Babat dan telah rampung.

General Manager PLN UIT JBM Suroso mengatakan, pemeliharaan seperti ini terus dilakukan setiap 4 bulan sekali. Pekerjaan di antaranya meliputi pembersihan polutan seperti debu semen pada MTU, mengingat letak GI Kerek dan GI Semen Tuban berada di dalam kawasan Pabrik Semen Indonesia.

"Kami melakukan proses cleaning selama 2 hari. Kami mengerahkan 10 personel dalam pekerjaannya. Dengan cleaning yang dilakukan secara rutin, diharapkan peralatan terbebas dari polutan debu dan isolasi dari setiap MTU dapat terjaga keandalannya sesuai standar yang berlaku," jelasnya, Selasa (13/7/2021).

Sementara itu, di lokasi lain, Tim Unit Layanan Transmisi dan GI (ULTG) Madiun pun melaksanakan pemeliharaan dua sisi penghantar 66kV Mranggen-Magetan berupa recomisioning relay proteksi. Pekerjaan ini merupakan salah satu upaya PLN dalam menjaga keandalan agar tidak terjadinya blackout sistem kelistrikan Jawa-Bali.

Meskipun di tengah pandemi seperti saat ini, suplai listrik kepada pelanggan harus tetap terjaga. Pihaknya terus berupaya dalam menjaga keandalan sistem kelistrikan khususnya pada jaringan transmisi dan juga gardu induk. Pemeliharaan pada tiap infrastruktur pun akan terus dilakukan agar tidak terjadi kendala dalam menyalurkan listrik.

Hasil yang ingin dicapai dari pekerjaan ini adalah untuk memastikan penerapan pengaturan pada relay sudah benar, sesuai dengan data peralatan terpasang, menstandarkan rangkaian pada beberapa komponen lainnya, serta memastikan kerja relay sudah sesuai.

"Dengan demikian diharapkan penyaluran energi listrik ke pelanggan dapat berjalan lancar," pungkasnya. (diy/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO