Bantu Tekan Sebaran Covid-19, Ponpes Zainal Abidin Gresik Liburkan Santri Selama PPKM Darurat

Bantu Tekan Sebaran Covid-19, Ponpes Zainal Abidin Gresik Liburkan Santri Selama PPKM Darurat Para Santriwati Ponpes Zainal Abidin Bungah Gresik saat akan dipulangkan selama PPKM darurat. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pondok Pesantren (Ponpes) Zainal Abidin di Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik meliburkan para santrinya selama pemberlakuan PPKM darurat, 3-20 Juli 2021, guna menekan sebaran Covid-19.

"Iya, diliburkan selama PPKM darurat. Ini demi mendukung kebijakan pemerintah. Di samping itu, kami juga mempertimbangkan keselamatan para santri. Kami imbau agar tetap di rumah bersama orang tua mereka, dan tetap menerapkan protokol kesehatan," ucap Abdul Malik, Pengurus Ponpes Zainal Abidin, Senin (5/7/2021).

Pria yang akrab disapa Gus Malik itu menerangkan, sebelum adanya PPKM darurat, para pengurus telah memberlakukan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat bagi para santri yang bermukim di pondok.

"Sebelum PPKM darurat, waktu masih aktif di pondok kami selalu melakukan pengawasan kepada para santri terkait prokes dengan selalu menjaga 6M, terutama saat ngaji diniyah dan kegiatan ekstra lainnya seperti latihan banjari, selawat, dan banyak lagi," jelasnya.

Gus Malik menerangkan bahwa pihak ponpes juga memberikan kemudahan bagi para santri untuk mendapatkan APD (Alat Pelindung Diri) seperti masker dan tempat cuci tangan.

"Kami sediakan APD mulai dari alat pencuci tangan di depan pintu masuk pondok dan di koperasi pondok pesantren juga tersedia masker dan hand sanitizer. Jadi, para santri jika ingin beli tak perlu keluar jauh," terangnya.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Zainal Abidin K.H. Ali Mustofa mengimbau agar para santri saat di rumah masing-masing tetap melakukan ikhtiar kewaspadaan dengan selalu menjaga prokes dan memperbanyak zikir mendoakan agar bangsa Indonesia segera terlepas dari pandemi Covid-19.

"Mengimbau para santri yang berada di rumah tetap melakukan ikhtiar dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dan tidak henti-hentinya berdoa kepada Allah SWT agar bangsa Indonesia segera terlepas dari wabah Covid-19," tutupnya. (hud/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO