Komunitas SAN Chapter Sidoarjo Sambut Hari Kemerdekaan dengan Menggelar Ekspedisi Merah Putih

Komunitas SAN Chapter Sidoarjo Sambut Hari Kemerdekaan dengan Menggelar Ekspedisi Merah Putih

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Menyambut hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ke-76, Komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) Chapter Sidoarjo akan menggelar kegiatan Ekspedisi Merah Putih (EMP).

Tiara Prameswari, Community Organizer of Public Relation Komunitas SAN Chapter Sidoarjo mengatakan, kegiatan Ekspedisi Merah Putih (EMP) ini bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme, pengembangan karakter, meningkatkan minat literasi dan kreativitas anak, memberikan edukasi dan motivasi, serta meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

Konsep yang diusung dalam kegiatan ini adalah edukasi, perlombaan, dan bercocok tanam atau penghijauan.

"Melalui perlombaan, kita dapat menyadarkan anak-anak bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini diperoleh melalui perjuangan para pahlawan. Sebagai generasi penerus bangsa tentunya kita harus memiliki semangat juang yang tinggi seperti yang dimiliki oleh para pahlawan bangsa. Sedangkan melalui kegiatan bercocok tanam, kita mengajarkan kepada anak-anak agar senantiasa peduli terhadap lingkungan dan menjaga kelestarian bumi pertiwi yang semakin hari kian rusak," ujar Tiara Prameswari.

Lebih lanjut, Tiara menjelaskan kegiatan EMP berfokus pada daerah golongan 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) atau daerah-daerah pelosok di Kabupaten Sidoarjo. "Yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini adalah para siswa-siswi di tingkat sekolah dasar," katanya.

Kegiatan EMP dilaksanakan mulai tanggal 25 Juli – 21 November di SDN Gebang II dan Madrasah Ibtidaiyah Al-Abror, Dusun Kalikajang, Desa Gebang, Sidoarjo. Kedua lokasi tersebut dipilih karena masih banyak hal yang perlu diperbaiki dan dikembangkan khususnya di bidang edukasi atau pendidikan.

"Melalui kegiatan ini, Komunitas Senyum Anak Nusantara Chapter Sidoarjo berharap bisa berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia serta dapat menyebarkan misi 3M, yakni memotivasi, menginspirasi, dan mengedukasi," tukas Tiara.

Penulis: Dwi Lestari Nurhidayati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO