Isti Hidayati, ​Mahasiswi Indonesia Raih Disertasi PhD Terbaik dari University of Groningen Belanda

Isti Hidayati, ​Mahasiswi Indonesia Raih Disertasi PhD Terbaik dari University of Groningen Belanda Mahasiswi Indonesia, Isti Hidayati meraih Disertasi PhD terbaik dari University of Groningen, Belanda. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mahasiswi asal Indonesia, Isti Hidayati membuat bangga dan harum nama Indonesia. Pasalnya, ia meraih penghargaan terbaik tahun 2020 dari University of Groningen, Belanda.

Disertasi yang berjudul "Understanding mobility inequality: A socio-spatial approach to analyse transport and land use in Southeast Asian metropolitan cities" ini membuatnya mendapatkan hadiah sebesar € 7.500 atau 7.500 gulden atau sekitar Rp 60 juta.

Isti berhasil mendapatkan gelar PhD dengan masa studi yang terhitung relatif cepat (1 Februari 2017 - 10 Desember 2020). Menurut Isti, ini dikarenakan supervisor dan promotor bisa bekerja secara paralel.

“Jadi, semisal saya bekerja dengan Wendy di paper A, pada saat yang sama saya juga menulis paper B dengan Claudia, sehingga kami bisa publish paper secara efisien, tidak menunggu paper A selesai baru lanjut ke paper B," tutur Isti dalam keterangan tertulis, Kamis (1/7/2021).

Dalam nya, Isti menawarkan wawasan spasial sosial tentang ketimpangan mobilitas melalui studi kasus empiris di Jakarta dan Kuala Lumpur, sebagai contoh tipikal kota-kota besar di Asia Tenggara.

Kesimpulan yang ditarik adalah bahwa perbedaan kemampuan dalam melakukan mobilitas (mobility inequality) memberi pengaruh negatif bagi masyarakat marginal (umumnya perempuan, masyarakat berpenghasilan rendah, mereka dengan disabilitas).

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO