Rusunawa Penuh, DPRD Kota Mojokerto Usulkan Dua GOR sebagai Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Rusunawa Penuh, DPRD Kota Mojokerto Usulkan Dua GOR sebagai Tempat Isolasi Pasien Covid-19 Junaedi Malik, Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Overload-nya kapasitas bed pasien Covid-19 di Rusunawa Cinde, Kota Mojokerto menggugah keprihatinan legislatif. Sejumlah wakil rakyat menyarankan Pemkot Mojokerto mengubah dua gedung publik yang kini kosong sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala.

Kedua gedung tersebut yakni GOR dan Seni Mojopahit dan GOR indoor di jalan Wilis, Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari. Penyediaan sarana isolasi ini diyakini lebih efektif memutus mata rantai penularan Covid-19 dibandingkan dengan isolasi mandiri di rumah yang tanpa kontrol.

"Pemda selayaknya mencari tempat alternatif baru karena Rusunawa Cinde telah penuh. Saat ini, GOR dan Seni Mojopahit dan GOR indoor di Jalan Wilis dalam kondisi darurat, itu bisa dijadikan tempat isolasi baru daripada di rumah yang sama sekali tidak terkontrol," cetus Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto, Junaedi Malik, Rabu (30/06/2021) pagi.

Politikus PKB tersebut mengungkapkan sejumlah fakta mengenai praktik isolasi mandiri (isoman) di rumah. "Banyak informasi dari masyarakat, bahwa pasien Covid-19 yang isoman di rumah seringkali ditemukan jalan-jalan atau bergaul dengan tetangga. Nah, ini tentunya tidak semakin baik, justru jika tidak disikapi dengan mengisolasi di tempat isolasi pemerintah maka akan menjadikan sumber penularan baru," sesalnya.

Junaedi juga mengungkap keterbatasan lingkungan rumah beberapa pasien, terutama di perkotaan, seringkali membuat kondisi pasien tak stabil. Menurutnya, rumah warga yang terbatas dijadikan sebagai tempat isolasi beberapa anggota keluarga tidak membuat kondisi pasien membaik, malah sebaliknya, makin drop.

"Anda tahu, banyak rumah kondisi pasien Covid-19 di kota terbatas. Ini yang harus disikapi pemerintah, biar kondisinya tidak makin memburuk," tandasnya.

Simak berita selengkapnya ...