Gandeng Aktivis Lingkungan, Pemdes Senden Kediri Siap Bersihkan Sungai dari Sampah

Gandeng Aktivis Lingkungan, Pemdes Senden Kediri Siap Bersihkan Sungai dari Sampah Koordinator EPPI Beny Prastya (kanan) bersama aktivis lingkungan dan Perangkat Desa Senden, usai koordinasi. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Senden, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri menggelar koordinasi dengan aktivis lingkungan dari Komunitas EPPI (Eks. Pramuka Putra Putri Indonesia) dan Komunitas Rante Rau di Balai Desa Senden, Jumat (25/6/2021).

Koordinator EPPI Beny Prastya menjelaskan bahwa koordinasi ini dilakukan untuk membahas rencana kegiatan bersih sungai di area Dusun Bolo, Desa Senden. Menurut Beny, di sungai tersebut banyak sampah yang berada di dasar sungai dan tertimbun di area dam serta sepanjang bantaran sungai. Hal ini bisa terjadi, karena kurangnya kesadaran dari masyarakat tentang aturan pelarangan membuang sampah di sungai.

Menurut Beny, setiap wilayah yang memiliki sumber mata air atau yang dilewati aliran sungai, seyogianya masyarakatnya harus memiliki kepedulian untuk merawat dan melestarikannya.

"Apalagi masyarakat mayoritas adalah petani dan air merupakan kebutuhan pokok bagi petani untuk pengairan sawah. Dengan terjaganya sumber mata air dan sungai maka akan menguntungkan bagi petani itu sendiri," ujar Beny.

Zainal Arifin, Korlap Rante Rau menambahkan bahwa dirinya dan teman-teman relawan akan selalu membuka pintu untuk saling membantu dan bekerja sama menjaga lingkungan.

Simak berita selengkapnya ...