Rabu, 04 Agustus 2021 12:02

Pasien Covid-19 di Bojonegoro Melonjak, Wabup Minta Satgas Gerak Cepat

Jumat, 18 Juni 2021 18:33 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Eky Nurhadi
Pasien Covid-19 di Bojonegoro Melonjak, Wabup Minta Satgas Gerak Cepat
Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto. (foto: ist)

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bojonegoro terus menunjukkan tren kenaikan. Hingga kemarin (17/6/2021) malam, pasien terkonfirmasi positif corona sebanyak 43 pasien dan satu orang meninggal dunia.

Perlu diketahui, di Kabupaten Bojonegoro terdapat satu pasien yang terinfeksi virus corona varian India B1617.2 atau varian delta yang saat ini masih menjalani perawatan di RSUD Bojonegoro.

"Melihat kondisi itu, kami mengajak masyarakat untuk menegakkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," kata Bupati Bojonegoro Anna Muawanah.

Bupati juga mengimbau agar masyarakat tidak bercakap-cakap atau berbicara dengan berdekatan. "Sebab, saat ini banyak yang sudah terinfeksi tanpa gejala yang dirasakan. Virus varian delta ini bisa tersebar dan menular melalui udara," pungkasnya.

BACA JUGA : 

Terpapar Virus Corona, Bupati Bojonegoro Kerja dari Rumah Sakit

Bupati Bojonegoro Terpapar Virus Corona, Jalankan WFH

Bojonegoro Terapkan PPKM Darurat, Sekolah Daring hingga Warung Makan Hanya Layani Delivery

Mutasi di Tengah Pandemi, Bupati Bojonegoro Minta Pejabat Selalu Semangat

Sementara itu, Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto mengatakan, lonjakan kasus Covid-19 sejak sepekan terakhir terbilang signifikan. Karena itu, pihaknya meminta Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk segera mungkin melakukan swab setelah dilakukan tracing terhadap masyarakat yang memiliki riwayat kontak dengan pasien yang terkonfirmasi positif dan masyarakat yang mempunyai riwayat keluar kota. 

"Banyak warga yang terkonfirmasi positif mempunyai riwayat perjalanan keluar kota. Hal ini harus menjadi perhatian bersama, apalagi saat ini banyak proyek Bojonegoro yang dikerjakan dari luar kota sehingga harus dilakukan swab," ujar Budi Irawanto, Jumat (18/6/2021).

Dia menyebut, hampir semua tempat perawatan atau rumah sakit di Bojonegoro penuh dengan pasien Covid-19, sehingga pihaknya meminta agar disiapkan tempat cadangan untuk isolasi bagi warga terpapar Covid-19. Misalnya, adanya tempat isolasi mandiri di tingkat desa.

"Kondisi pandemi Covid-19 ini belum berakhir. Pemulihan ekonomi pun belum maksimal. Kita harus terus berinovasi, para pelaku UMKM dan PKL harus terus hidup, agar masyarakat bisa terus bertahan dalam kondisi sulit ini," cetusnya.

Selain itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker, dan menghindari kerumunan. Melalui upaya-upaya ini, wabup berharap Bojonegoro bisa menekan jumlah penyebaran corona.

"Apalagi saat ini data di lapangan rumah sakit yang menampung pasien Covid-19 sudah overload serta ada pasien dengan varian baru dari India," tukasnya. (nur/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...