Kamis, 29 Juli 2021 15:04

Cegah Lonjakan Covid-19, Pemkot Blitar Perketat Pengawasan di Lokasi Wisata

Jumat, 18 Juni 2021 14:41 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
Cegah Lonjakan Covid-19, Pemkot Blitar Perketat Pengawasan di Lokasi Wisata
Situasi di area Makam Bung Karno Kota Blitar. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Blitar memperketat pengawasan di lokasi wisata. Hal ini untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19. Pengawasan utamanya difokuskan pada warga luar kota yang masuk ke wilayah Kota Blitar untuk berwisata.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Blitar Hakim Sisworo mengatakan, ada tiga titik yang diperketat pengawasannya. Tiga titik ini merupakan pintu masuk warga luar daerah yang masuk ke Kota Blitar. Di antaranya, Terminal Patria Kota Blitar, Stasiun Blitar, dan Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) yang menjadi tempat parkir kendaraan pengunjung di wisata Makam Bung Karno.

"Pengawasan ini kami lakukan untuk mengantisipasi adanya lonjakan Covid-19. Utamanya di tempat-tempat wisata yang sering dikunjungi warga luar daerah," ujar Hakim.

Misalnya, di wisata Makam Bung Karno, yang didominasi pengunjung dari luar Kota Blitar. Apalagi, menjelang Haul Bung Karno pada 20 Juni biasanya akan ada peningkatan jumlah pengunjung.

BACA JUGA : 

Stok Menipis, Wabup Blitar Minta Tambahan Vaksin Melalui Ketua DPD RI

Manfaatkan Bus Sekolah, Pemkot Blitar Launching Vaksinasi Door to Door

Kota Blitar Masuk PPKM Level 4, Santoso: Namun Ada Kelonggaran

84 Tahanan Polres Blitar Divaksin Covid-19

"Di PIPP akan kami dirikan posko untuk memantau wisatawan yang akan berkunjung ke Makam Bung Karno. Di posko tersebut akan dilakukan testing, tracing, dan treatment terhadap pengunjung wisata Makam Bung Karno," jelasnya.

Teknisnya, setiap rombongan pengunjung yang datang akan di-testing secara acak. Jika ada yang positif langsung dilakukan langkah tracing dan treatment. Hal serupa juga diterapkan di stasiun dan terminal. Penumpang yang datang di stasiun dan terminal akan dites swab secara acak.

Selain itu, kata Hakim, satgas juga menggencarkan sosialisasi ke homestay dan hotel agar lebih menekankan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 kepada para tamu.

"Protokol kesehatan juga harus terus dilaksanakan di homestay dan hotel. Kami sudah beri sosialisasi," pungkasnya. (ina/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...