Rabu, 04 Agustus 2021 14:06

Satu Pasien Corona Varian India asal Bojonegoro Diketahui Baru Pulang dari Madura

Selasa, 15 Juni 2021 20:50 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nurhadi
Satu Pasien Corona Varian India asal Bojonegoro Diketahui Baru Pulang dari Madura
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bojonegoro, Masirin. foto: EKY NURHADI/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Tiga pasien Virus Corona Varian India B1617.2 atau delta di daerah Jawa Timur diketahui satu di antaranya dari Kabupaten Bojonegoro. Sedangkan dua pasien diketahui asal Kabupaten Bangkalan, Madura.

Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Senin (14/6) kemarin. Dua pasien sedang menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Surabaya, sedangkan pasien yang asal Bojonegoro menjalani perawatan di daerah setempat.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bojonegoro Masirin saat dihubungi Selasa (15/6) petang menjelaskan, satu pasien yang terjangkit Corona Varian India itu rumahnya berada di Kecamatan Kota Bojonegoro.

Ceritanya, pasien tersebut bersama 12 orang lainnya usai berpergian di daerah Madura. Kemudian saat ada tes swab dan tracing di pintu masuk Jembatan Suramadu, pasien itu terindikasi Covid-19 varian B1617.2.

BACA JUGA : 

Terpapar Virus Corona, Bupati Bojonegoro Kerja dari Rumah Sakit

Bupati Bojonegoro Terpapar Virus Corona, Jalankan WFH

Bojonegoro Terapkan PPKM Darurat, Sekolah Daring hingga Warung Makan Hanya Layani Delivery

Cegah Penularan Corona, 36 Puskesmas di Bojonegoro Buka Layanan Vaksin Gratis

"Kemudian oleh petugas dibawa ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Sehari kemudian pasien kita jemput dan sekarang menjalani perawatan di RSUD Sosodoro Djatiekoesomo Bojonegoro," jelas Masirin.

Kata dia, kondisi pasien Corona Varian India itu saat ini sehat. Namun pasien tetap menjalani perawatan intensif serta tidak diperbolehkan kontak dengan siapa pun selain dokter RSUD setempat.

"Untuk 11 rombongan lainnya tadi siang kita lakukan tracing, tetapi hasilnya belum keluar. Selain itu keluarga pasien juga kita tracing," ungkapnya.

Masirin tidak mengetahui secara detail 12 orang yang melakukan rombongan ke wilayah Madura itu dalam rangka apa, namun dia menyebut mereka dari salah satu Universitas di Bojonegoro.

Dia berharap pengoptimalan peran Satgas Covid-19 di semua level bisa meminimalisir melonjaknya penyebaran kasus baru di Kabupaten Bojonegoro.

"Tracing masih terus kami lakukan, cuma saat ini kesulitan untuk melakukan swab karena warga yang sudah terkontak ini menolak melakukan tes swab," ujarnya.

Sulitnya melakukan tes swab ini juga berdampak pada pergerakan data. Belakangan data terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bojonegoro stagnan dengan jumlah kasus terkonfirmasi positif sebanyak 30 orang, namun ada kemungkinan akan ada kenaikan jumlah positif lagi. (nur/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...