Rabu, 23 Juni 2021 15:59

Disperta Mojokerto dan Balitbangtan Kementan Tanam Padi Demfarm 5 Varietas Unggul Pakai Metode Jarwo

Jumat, 11 Juni 2021 17:30 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Disperta Mojokerto dan Balitbangtan Kementan Tanam Padi Demfarm 5 Varietas Unggul Pakai Metode Jarwo
Bupati Ikfina ketika melaksanakan kegiatan tanam padi perdana demonstran usaha petani (demfarm) varietas bibit unggul di lahan tani Desa Sadartengah, Kecamatan Mojoanyar, Jumat (11/6) pagi.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Mojokerto bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia, melaksanakan kegiatan tanam padi perdana demonstran usaha petani (demfarm) varietas bibit unggul, di lahan tani Desa Sadartengah, Kecamatan Mojoanyar, Jumat (11/6) pagi.

Penanaman padi dilakukan Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati bersama Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur Catur Hermanto, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Setia Puji Lestari, Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, Kapolres Mojokerto diwakili Kapolsek Mojoanyar serta Dandim 0815 diwakili Danramil Mojoanyar.

Lima varietas padi yang ditanam pada kegiatan itu antara lain, Inpari IR Nutri Zinc yang dikenal tahan stunting tanaman (kerdil), Pamelen atau Padi Merah Pulen, Inpari 32 HDB, Inpari 42 Agritan GSR, dan Inpari 45 Dirgahayu.

“Ragam varietas ini akan ditanam pada lahan seluas 7,5 hektare, dengan metode tanam jajar legowo (jarwo). Metode ini dinilai mampu meningkatkan hasil panen kurang lebih 30 persen, dibanding yang tidak menerapkan,” kata kepala BPTP dalam sambutan.

BACA JUGA : 

Bina Ketahanan Pangan, Kodim 0816 Sidoarjo Buat Percontohan Penanaman Padi

Ketua DPRD Mojokerto Dukung Papdesi untuk Ciptakan Desa Mandiri

Lepas Ekspor PT Sun Paper Source dan Sidak Harga Pasar Legi Mojosari, Wamendag: Ekspor Kita Surplus

Permudah Petani Dapatkan Informasi, Kementan RI Beri Fasilitas IT untuk BPP Kota Batu

Selanjutnya, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto menyatakan harapannya agar kegiatan ini dapat menjadi salah satu langkah memaksimalkan potensi hasil pertanian daerah. “Pengembangan ini dapat menunjang ketahanan pangan Kabupaten Mojokerto. Langkah ini harus kita laksanakan dengan gotong royong dan kerja sama dengan berbagai pihak,” terang Setia Puji Lestari.

Di samping itu, Bupati Ikfina pada kegiatan ini juga mengapresiasi inisiatif demfarm, dengan pesan penting agar dapat dilakukan pemetaan ke depan. Artinya, petani lebih memerhatikan lahan dan suplai ketersediaan air, agar bisa mengidentifikasi potensi lahan dan metode tanam yang cocok untuk diaplikasikan.

“Lakukan pemetaan skala prioritas. Kita lihat dulu, sawah mana saja yang dapat ditanami dengan inovasi ini. Nanti kalau memerlukan irigasi dan teknis lain, bisa dikomunikasikan dengan PUPR ataupun dinas terkait lainnya,” terangnya.

Selain arahan tersebut, Ikfina menginformasikan bahwa saat ini Kementerian Perdagangan memiliki program percepatan implementasi sistem resi gudang (SRG). Kehadiran SRG diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan petani. SRG dapat menjadi instrumen yang memberikan manfaat berupa sarana pembiayaan serta sarana tunda jual untuk perdagangan komoditas. 

Banyak komoditas yang dapat diresigudangkan seperti gabah, beras, jagung, bawang merah, gula, garam dan beberapa komoditas lainnya. SRG memerlukan dukungan dan sinergi Pemerintah, baik pusat dan pemerintah daerah.

“SRG menjadi salah satu solusi agar hasil panen tidak terjual murah. Karena biasanya jika hasil panen berlimpah, harganya menjadi murah. Di SRG inilah ada fungsi tunda jual,” tandasnya. (yep/ian)

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Rabu, 23 Juni 2021 06:20 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Perang Diponegero melawan penjajah Belanda menimbulkan korban luar biasa. Ribuan penjajah Belanda tewas. Begitu juga para pejuang Indonesia. Bahkan Belanda sempat kewalahan.Perang Diponegoro pecah karena penjajah Beland...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...