Rabu, 28 Juli 2021 20:31

Peringati Hari Sepeda se-Dunia, Kosti Kediri Gelar Ngonthel Bareng dan Kampanye Tertib Lalu Lintas

Jumat, 04 Juni 2021 00:52 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Peringati Hari Sepeda se-Dunia, Kosti Kediri Gelar Ngonthel Bareng dan Kampanye Tertib Lalu Lintas
Beberapa anggota Papson sebelum ngonthel malam dengan latar belakang Monumen Simpang Lima Gumul Kediri. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kamis, 3 Juni 2021, adalah Hari Sepeda Sedunia atau Wolrd Bicycle Day. Hari Sepeda se-Dunia itu pun diperingati oleh ribuan pecinta sepeda tua di seluruh penjuru tanah air. Termasuk para pecinta sepeda tua yang tergabung dalam wadah Kosti (Komunitas Sepada Tua Indonesia) Kediri.

Namun, DPP Kosti telah mengeluarkan maklumat untuk peringatan Hari Sepeda se-Dunia kali ini tidak boleh menggelar acara secara terpusat, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Acara harus digelar di masing-masing wilayah di mana paguyuban sepeda tua berdomisili.

Maklumat tersebut intinya mengimbau kepada suluruh Kosti Pengprov, Kosti Kota/Kabupaten, agar menyelenggarakan kegiatan bersepeda malam hari serentak di kota, kabupaten, kecamatan, dan desa masing-masing. Dipilihnya bersepeda/ngonthel pada malam hari karena tanggal 3 Juni 2021 adalah hari kerja.

Oleh karena itu, Kosti Kediri yang mempunyai 85 paguyuban dengan jumlah anggota sekitar 3 ribu onthelis hanya bisa menggelar ngonthel secara sendiri-sendiri, tapi dilakukan secara bersamaan di masing-masing desa/kecamatan di mana paguyuban sepeda tua itu berdomisili.

BACA JUGA : 

Peduli Warga Isoman, Relawan Penyintas Covid-19 Kediri Bagikan Ratusan Nasi Kotak

Mengintip Ratusan Koleksi Sepeda Tua di Kediri, Terbanyak Buatan Belanda dan Inggris

Gusdurian Mojokutho Kolaborasi dengan KOPI, Bagikan Sayuran ke Warga Gadungan yang Sedang Isoman

RGR dan Bang Mantri Bersinergi Gelar Aksi Bedah Rumah

Seperti yang dilakukan oleh anggota Papson (Pagoejoeban Pelestari Sepeta Oento) Kediri yang basecamp-nya di sekitar Monumen Simpang Lima Gumul, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri.

Agus Variasi, Koordinator Acara Ngonthel Bareng, mengatakan bahwa acara ngonthel bareng ini dilakukan di masing-masing desa atau kecamatan tempat paguyuban sepeda tua berada.

"Kami patuh dengan imbauan Kosti yang menaungi kami, makanya acara ngonthel bareng ini kami gelar di sekitar SLG yang diikuti hanya oleh anggota Papson," kata Agus, Kamis (3/6).

Karena basecamp Papson ada di sekitar SLG, lanjut Agus, maka sekitar 50 anggota Papson memulai ngonthel bareng itu dari kawasan SLG. Kemudian ke Kecamatan Ngasem - Kecamatan Gurah - Kecamatan Pagu - kembali ke SLG usai berkeliling sekitar 20 km.

"Sedangkan Anggota Kosti Kediri yang berada di tempat lain, juga menggelar acara peringatan Hari Sepeda se-Dunia ini, juga di sekitaran basecamp-nya saja," imbuh bos variasi mobil itu.

Seperti diketahui, Hari Sepeda Sedunia atau Hari Sepeda Internasional diperingati pada 3 Juni setiap tahunnya. Awal mula dari hari bersejarah ini ditetapkan oleh United Nations atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada April 2018, Majelis Umum PBB mendeklarasikan 3 Juni sebagai Hari Sepeda Dunia. (uji/rev)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...