Peringati Hari Sepeda se-Dunia, Kosti Kediri Gelar Ngonthel Bareng dan Kampanye Tertib Lalu Lintas

Peringati Hari Sepeda se-Dunia, Kosti Kediri Gelar Ngonthel Bareng dan Kampanye Tertib Lalu Lintas Beberapa anggota Papson sebelum ngonthel malam dengan latar belakang Monumen Simpang Lima Gumul Kediri. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kamis, 3 Juni 2021, adalah Hari Sepeda Sedunia atau Wolrd Bicycle Day. Hari Sepeda se-Dunia itu pun diperingati oleh ribuan pecinta sepeda tua di seluruh penjuru tanah air. Termasuk para pecinta sepeda tua yang tergabung dalam wadah (Komunitas Sepada Tua Indonesia) Kediri.

Namun, DPP telah mengeluarkan maklumat untuk peringatan Hari Sepeda se-Dunia kali ini tidak boleh menggelar acara secara terpusat, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Acara harus digelar di masing-masing wilayah di mana paguyuban sepeda tua berdomisili.

Maklumat tersebut intinya mengimbau kepada suluruh Pengprov, Kota/Kabupaten, agar menyelenggarakan kegiatan bersepeda malam hari serentak di kota, kabupaten, kecamatan, dan desa masing-masing. Dipilihnya bersepeda/ngonthel pada malam hari karena tanggal 3 Juni 2021 adalah hari kerja.

Oleh karena itu, Kediri yang mempunyai 85 paguyuban dengan jumlah anggota sekitar 3 ribu onthelis hanya bisa menggelar ngonthel secara sendiri-sendiri, tapi dilakukan secara bersamaan di masing-masing desa/kecamatan di mana paguyuban sepeda tua itu berdomisili.

Seperti yang dilakukan oleh anggota Papson (Pagoejoeban Pelestari Sepeta Oento) Kediri yang basecamp-nya di sekitar Monumen Simpang Lima Gumul, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri.

Agus Variasi, Koordinator Acara Ngonthel Bareng, mengatakan bahwa acara ngonthel bareng ini dilakukan di masing-masing desa atau kecamatan tempat paguyuban sepeda tua berada.

"Kami patuh dengan imbauan yang menaungi kami, makanya acara ngonthel bareng ini kami gelar di sekitar SLG yang diikuti hanya oleh anggota Papson," kata Agus, Kamis (3/6).

Karena basecamp Papson ada di sekitar SLG, lanjut Agus, maka sekitar 50 anggota Papson memulai ngonthel bareng itu dari kawasan SLG. Kemudian ke Kecamatan Ngasem - Kecamatan Gurah - Kecamatan Pagu - kembali ke SLG usai berkeliling sekitar 20 km.

"Sedangkan Anggota Kediri yang berada di tempat lain, juga menggelar acara peringatan Hari Sepeda se-Dunia ini, juga di sekitaran basecamp-nya saja," imbuh bos variasi mobil itu.

Seperti diketahui, Hari Sepeda Sedunia atau Hari Sepeda Internasional diperingati pada 3 Juni setiap tahunnya. Awal mula dari hari bersejarah ini ditetapkan oleh United Nations atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada April 2018, Majelis Umum PBB mendeklarasikan 3 Juni sebagai Hari Sepeda Dunia. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO