Berkat Usulan Anggota DPR RI Ratna Juwita, Ratusan PJU TS Terpasang di Tuban

Berkat Usulan Anggota DPR RI Ratna Juwita, Ratusan PJU TS Terpasang di Tuban Anggota DPR RI Ratna Juwita berfoto di salah satu titik PJU TS yang terpasang di Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Bumi Wali mendapatkan bantuan Penerangan Jalan Umum (PJU) Tenaga Surya (TS) dari Kementerian ESDM RI. Bantuan tersebut tak lepas dari pengawalan serta pendampingan yang selama ini dilakukan oleh Anggota Ratna Juwita.

"Program ini bekerja sama dengan Ditjen EBTKE Kementerian ESDM RI memasang PJU tenaga surya yang sebelumnya sudah disurvei dan ditentukan," ujar Ratna Juwita saat diwawancarai, Kamis (3/6).

Menurut Anggota dari Fraksi PKB ini, program bantuan PJU tenaga surya ini berdasarkan aspirasi masyarakat yang ditampungnya, kemudian disalurkan kepada Pemerintah melalui Ditjen EBTKE Kementerian ESDM RI.

"Alhamdulillah di Kabupaten pada Tahun 2020 ada 300 titik (PJU tenaga suraya) sudah terpasang. Sedangkan, pada tahun 2021 ini ada 250 titik yang masih proses survei lokasi," paparnya.

Menurut Anggota Komisi VII ini, program tersebut terealisasi berkat usulan masyarakat yang kemudian ia sampaikan ke pemerintah. "PJU TS ini diusulkan karena merupakan infrastruktur yang sangat dibutuhkan untuk masyarakat. Terutama di tempat-tempat pusat kegiatan masyarakat dan masih gelap," tuturnya.

Selain PJU TS, Ratna juga mengusulkan kepada pemerintah untuk membuat program pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap (PLTS Rooftop). Harapannya, program ini bisa membantu tempat-tempat pendidikan non profit, seperti lembaga pendidikan pesantren.

"Semoga program PLTS Rooftop ini segera direalisasi oleh Pemerintah," harap istri Sekretaris DPC PKB itu.

Sementara itu, Kades Wanglu Kulon Kecamatan Senori, Darmono bersyukur wilayahnya termasuk yang mendapatkan program ini. Ia berharap, program ini dapat bermanfaat untuk warganya, khususnya pada malam hari.

"Terima kasih kepada bu Ratna Juwita yang sudah peduli dengan desa kami," ujarnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO