Ajak Pakai Sepeda ke Tempat Kerja, Gubernur Anies: Tak Perlu Sepeda Khusus dan Sepatu Khusus

Ajak Pakai Sepeda ke Tempat Kerja, Gubernur Anies: Tak Perlu Sepeda Khusus dan Sepatu Khusus Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat gowes bersama Duta Besar Belanda Lambert Grijns memakai batik, Kamis (3/5/2021). foto: ist/ bangsaonline.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - mengajak seluruh warga Jakarta menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi menuju kantor dan aktivitas lainnya. Ini untuk memperingati Hari Bersepeda se-Dunia.

Peringatan Hari Bersepeda Sedunia tersebut dimulai dari Bunderan Senayan, Jakarta Selatan bersama dengan para Komunitas Bike to Work, masyarakat dan duta besar negara sahabat pukul 07.00 WIB, Kamis, (03/06).

Demikian rilis yang diterima BANGSAONLINE.com, Kamis (3/6/2021).

Gubernur Anies ingin menjadikan sepeda bukan hanya kegiatan olahraga, tetapi juga sebagai transportasi sehari-hari. Menurut dia, bersepeda tidak harus mengenakan atribut khusus, tapi bisa menggunakan pakaian biasa sehari-hari.

"Kita ingin mendorong bersepeda sebagai kebiasaan transportasi bukan saja kegiatan olahraga. Karenanya bersepeda tidak perlu harus sepeda khusus, tidak harus pakai sepatu khusus, tidak harus baju khusus. Bersepeda saja dengan baju keseharian kita, pakai sepeda yang biasa kita gunakan, lalu gunakan sepeda itu untuk transportasi," tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa pagi tadi dirinya bersama dengan Duta Besar Belanda Lambert Grijns gowes menggunakan batik seragam dinas setiap hari Kamis.

"Pagi ini juga begitu, Dubes Belanda gowes pakai batik, saya juga pakai batik, karena setiap Kamis kami seragamnya batik kalau di Pemprov DKI," lanjut Anies.

"Mari mulai biasakan pakai sepeda untuk kegiatan sehari-hari, ke tempat-tempat yang jarak dekat dulu," tambah Anies.

Jalur sepeda yang dibangun di Jakarta bertujuan memfasilitasi warga untuk bisa bersepeda secara aman dan ramah lingkungan. Total jalur sepeda di Jakarta saat ini adalah 63 kilometer dengan rencana tambahan tahun ini menjadi 101 kilometer.

Kemudian gedung-gedung di Jakarta memiliki kewajiban menyediakan tempat parkir khusus sepeda minimal 10% dari tempat parkir yang tersedia. Anies juga menganjurkan untuk disiapkan tempat berbilas sehingga memudahkan para pekerja yang memilih untuk bertransportasi menggunakan sepeda sehari-hari. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO