Sita Ribuan Meter Kawat dan Kabel, Polisi dan TNI Razia Kabel Listrik Jebakan Tikus di Sawah

Sita Ribuan Meter Kawat dan Kabel, Polisi dan TNI Razia Kabel Listrik Jebakan Tikus di Sawah Petugas sedang mendata hasil razia di lapangan, Kamis (3/6/2021). foto: Eky Nurhadi/ Bangsaonline.com

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah anggota polisi dari Sektor Kecamatan Kanor dibantu anggota babinsa melakukan razia kabel listrik yang digunakan untuk aliran jebakan tikus di sawah. Razia tersebut dalam rangka menegakkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang pelarangan pemasangan kabel listrik untuk jebakan tikus di sawah.

Razia yang digelar Kamis (3/6/21) pagi, berpusat di Desa Temu, Kecamatan Kanor. Di mana areal pertanian di desa ini masih banyak petani yang menggunakan listrik untuk menjebak tikus pada saat musim tanam padi. Hasilnya, polisi dan TNI berhasil menyita ribuan meter kabel serta kawat untuk jebakan tikus.

"Sebelumnya kami sudah melakukan sosialisasi kepada petani agar segera mengambil semua kabel, tiang dari bambu, serta kawat yang masih ada di sawah Namun karena para petani masih membiarkan maka kita lakukan razia ke lapangan," ujar Kapolsek Kanor Iptu Hadi Waluyo.

Kapolsek bersama seluruh jajarannya berjanji akan menindak tegas jika masih ada petani yang nekat memasang kabel listrik untuk jebakan tikus di sawah. Selain itu, bhabinkamtibmas juga akan berkeliling ke areal persawahan guna memantau petani yang masih nekat memasang listrik jebakan tikus tersebut.

Pantauan BANGSAONLINE.com di lapangan, terlihat para petani berjibaku mengamankan kabel serta tiang dari pohon bambu untuk aliran kabel dari rumah ke sawah saat petugas datang, tepatnya di Dusun Manding, Desa Temu.

Selain merazia, polisi juga memberikan imbauan kepada petani agar tidak memasang kebel untuk jebakan tikus kembali. Sebab, risiko dari jebakan tikus di sawah ini sangat besar, tak jarang pemilik lahan sendiri yang menjadi korban sengatan arus listrik di sawahnya. (hadi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO