Sukseskan Program SDGs, DPRD Gresik Minta DPMD Validasi Data Warga secara Riil

Sukseskan Program SDGs, DPRD Gresik Minta DPMD Validasi Data Warga secara Riil Wakil Ketua DPRD Gresik Hj. Nur Saidah, S.E. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com meminta DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) menekankan kepada pemerintah desa agar validasi pendataan warga terkait program SDGs Desa benar-benar riil diakukan secara door to door (rumah ke rumah), sehingga tak ada lagi data yang tak valid.

"Kami minta terkait dalam rangka melancarkan program SDGs, DPMD harus betul-betul menekankan kepada desa agar pendataan dilakukan secara riil door to door," ucap Wakil Ketua Nur Saidah kepada BANGSAONLINE.com, Senin (31/5/2021).

Nur Saidah meminta pihak desa benar-benar melakukan wawancara langsung kepada warga yang didata. Yakni mulai dari data pribadi, kondisi tempat tinggal, keluarga, pekerjaan, penghasilan, dan lainnya. "Jadi, jangan asal mereka (pendata) mencatat dari jauh," pesannya.

Dia menerangkan bahwa langkah ini dilakukan agar data kondisi masyarakat pascapandemi benar-benar riil. "Data ter-up date kondisi masyarakat pasca-Covid-19 bisa te-record dengan baik ke dalam data yang online dengan pemerintah pusat," terangnya.

"Sebab, jika pendataan tidak riil maka yang didapatkan hanya data palsu, sehingga tidak menggambarkan kondisi riil saat ini," tegas Politikus Gerindra asal Duduksampeyan tersebut.

Diungkapkan Nur Saidah, saat ini banyak masyarakat yang kondisi ekonominya terjun bebas atau berbalik 100 persen. Dalam sektor apa pun. Karena itu, DPMD harus bisa memberikan penekanan kepada semua kades agar pendataan program SDGs sukses. "Program SDGs ini harus sukses dan riil. Tidak hanya formalitas administrasi saja," ungkapnya.

Nur Saidah menambahkan, program SDGs Desa merupakan program percepatan pencapaian pembangunan nasional berkelanjutan. SDGs merupakan pembangunan total atas desa, di mana seluruh aspek pembangunan yang digagas PBB sejak pendirian hingga sekarang diterapkan, semua warga desa harus menjadi pemanfaatnya. Tidak boleh ada yang terlewatkan.

"Dan, kemajuan tidak akan berhenti melainkan berkelanjutan untuk generasi-generasi penerus mendatang," pungkasnya. (hud/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO