Rabu, 28 Juli 2021 21:44

PUI Kediri Raya Serahkan Bantuan Kemanusiaan untuk Rakyat Palestina kepada ACT

Senin, 31 Mei 2021 15:09 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
PUI Kediri Raya Serahkan Bantuan Kemanusiaan untuk Rakyat Palestina kepada ACT
Ketua Umum PUI Kediri Raya Rahmad Mahmudi saat menyerahkan dana bantuan kemanusiaan kepada Tim ACT Kediri Ichwan (Partnership) dan Amaliah (Marketing Communication) di Sekretariat PUI Kediri Raya, Jalan Sersan Suharmaji, Kelurahan Manisrenggo, Kota Kediri. (foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - PUI (Pergerakan Umat Islam) Kediri Raya menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina berupa uang sebesar Rp12 juta lebih kepada ACT (Aksi Cepat Tanggap) Kediri, Senin (31/5/2021).

Selanjutnya, ACT yang memang memiliki perwakilan di Palestina, akan menyalurkan bantuan tersebut langsung kepada rakyat Palestina yang sangat membutuhkan. Uang yang terkumpul itu sendiri adalah hasil dari penggalangan dana oleh anggota PUI Kediri Raya saat menggelar Aksi Solidaritas Palestina di Alun-Alun Kota Kediri, Sabtu (29/5/2021) lalu.

Dana bantuan kemanusiaan itu diserahkan langsung oleh Ketua Umum PUI Kediri Raya Rahmad Mahmudi dan beberapa pengurus PUI Kediri kepada Tim ACT Kediri Ichwan (Partnership) dan Amaliah (Marketing Communication) di Sekretariat PUI Kediri Raya, Jalan Sersan Suharmaji, Kelurahan Manisrenggo, Kota Kediri. Saat penyerahan juga dihadiri oleh Majelis Syuro, Pimpinan Presidium, Pengurus Divisi, Relawan PUI, dan Relawan Aksi Cepat Tanggap.

Ketua Umum PUI Kediri Raya Rahmad Mahmudi menjelaskan bahwa uang yang terkumpul dari hasil penggalang yang dilakukan oleh PUI Kediri, akan disalurkan ke saudara di Palestina melalu ACT Kediri.

BACA JUGA : 

Ringankan Beban Masyarakat, Polres Kediri Bagikan Sembako untuk Warga Pinggiran Eks Lokalisasi

Wali Kota Kediri Tinjau Penyaluran Bantuan Sosial Beras untuk 21.998 KPM

Masih Pandemi, Ritualan 1 Suro di Petilasan Sri Aji Joyoboyo Kembali Ditiadakan

Segera Dirikan RSDS, Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri Tinjau Lokasi di Bekas Kantor Dispertabun

Menurut Rahmad Mahmudi, penggalangan dana itu dilakukan berbarengan saat PUI menggelar aksi demo menentang penyerangan Israel atas Palestina di Alun-Alun Kota Kediri.

"Kami tekankan bahwa aksi penggalangan dana itu adalah legal karena kami juga menggandeng ACT Kediri saat aksi itu dan hasil penggalangan dana, juga diserahkan kepada ACT Kediri untuk diteruskan kepada rakyat Palestina," katanya, Senin (31/5/2021).

Ditegaskan oleh Rahmad Mahmudi, bahwa kegiatan PUI Kediri di alun-alun kemarin adalah legal, karena semua prosedur sudah dilalui oleh PUI. Pihaknya mengaku sudah mengirimkan surat pemberitahuan kepada Polres Kediri Kota dan sudah berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya.

"Kami ingin membuktikan bahwa hasil penggalangan dana ini benar-benar disalurkan kepada saudara kita di Palestina melalui ACT yang memang mempunyai perwakilan di Palestina," tegasnya.

Sementara itu, Marketing Communication ACT Kediri Amaliah menjelaskan bahwa donasi dari PUI Kediri ini akan disalurkan dalam bentuk bantuan pangan, obat-obatan, dan pemulihan bagi rakyat Palestina.

Selain dari PUI, ACT Kediri juga menerima donasi dari Jemaah Masjid Nurul Falah, Jemaah Masjid Al-Itqon, Jemaah Masjid Nurul Huda, Jemaah Masjid Al-Masjruchi, MT Istiqomah, Indonesia Peduli, Komunitas Cinta Anak, Ikatan Mahasiswa FKIP Bahasa Inggris UNISKA, dan dari pihak lainnya.

"ACT sendiri telah melakukan berbagai implementasi dana bantuan di Palestina, yakni berupa bantuan pangan, obat-obatan, ambulans, air bersih, wakaf modal, dan humanity center. ACT juga telah memiliki cabang di Gaza Palestina dan telah mengantongi izin resmi dari Kemensos untuk melakukan penggalangan dana Palestina," ujar Amaliah. (uji/zar)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...