Jaga Stabilitas Harga Beras di Jember, Bupati Hendy Bakal Bentuk Tim Khusus

Jaga Stabilitas Harga Beras di Jember, Bupati Hendy Bakal Bentuk Tim Khusus Bupati Hendy Siswanto usai rakor soal ketersediaan beras dan stabilisasi harga gabah.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Untuk menjaga stabilitas di Kabupaten Jember, Bupati akan membentuk tim khusus.

“Kami akan bentuk struktur (tim) dari perwakilan stakeholder beras untuk menjamin kestabilan ,” kata Hendy usai menggelar rapat koordinasi soal ketersediaan beras dan stabilisasi harga gabah, di Pendopo Wahyawibawagraha bersama stakeholder dan kepala Bank BI, Jum’at (28/5).

"Sebagai kabupaten yang memiliki lumbung beras nasional dan berhasil mempertahankan eksistensi daerah produsen beras, saya ingin saat panen raya para petani kita tidak mengalami kerugian," ujarnya.

Sementara itu, Hestu Wibowo hadir mewakili kepala Bl Jember saat rapat tersebut menyampaikan bahwa 1/3 perekonomian Jember ditopang sektor pertanian. Artinya, Jember sebagai kabupaten agraris.

Jember juga mengalami surplus beras dalam 5 tahun terakhir, sehingga tidak terjadi inflasi pada .

"BI sedang mengkaji kemungkinan Jember dihubungkan dengan daerah yang kekurangan beras dalam bentuk kerja sama antar daerah," ujarnya.

Hadir juga dalam kesempatan itu, Budi Sultika, Pimpinan Cabang , menyampaikan bahwa saat ini pendistribusian dan pemasaran beras dipengaruhi oleh politik.

"Termasuk Isu impor beras beberapa bulan lalu. Tetapi, kami bersyukur tidak ada beras impor masuk ke Jember,” ucapnya.

Menurut Budi, cenderung deflasi. Stok beras Jember terbesar di Jatim. telah menyerap kurang lebih 10.000 ton gabah 1.000 beras hingga bulan April 2021.

“Saat ini, sedang menyelamatkan harga di tingkat konsumen, dengan menjual beras,” pungkasnya. (yud/eko/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO