Mas Bup Dhito Cek Pos Pantau Gunung Kelud, Status Aktif Normal, Warga Dilarang Dekati Kawah

Mas Bup Dhito Cek Pos Pantau Gunung Kelud, Status Aktif Normal, Warga Dilarang Dekati Kawah Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana didampingi Khoirul Huda saat mengecek seismograf di Pos Pemantauan Gunung Kelud di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melakukan pengecekan ke Pos Pemantauan Gunung Kelud (1.730 mdpl) di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Kamis (27/5). Turut mendampingi pengecekan tersebut, Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono dan Kasdim 0809 Kediri Mayor Inf. Palwo Edi.

Gunung yang berada di antara tiga kabupaten yaitu Kediri, Blitar, dan Malang, itu saat ini masih dalam status aktif normal. Hal tersebut disampaikan oleh Khoirul Huda, Petugas Pos Pemantau Gunung Api (PPGA) Kelud, usai mendampingi bupati melakukan pengecekan, Kamis (27/5).

Menurut Khoirul, meski dalam status aktif normal, pengunjung tetap dilarang mendekati kawah. Karena suhu air kawah saat ini masih cukup tinggi yaitu sekitar 40 derajat celcius dan terdapat gas yang cukup berbahaya.

"Tetapi suhu kawah tidak bisa dijadikan patokan untuk menentukan status Gunung Kelud," ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...