Kamis, 29 Juli 2021 10:12

Alasan Sakit, Kades Munggugebang Kembali Tak Hadiri Hearing, Komisi I: Kami Akan Cek ke RS

Selasa, 25 Mei 2021 16:28 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Alasan Sakit, Kades Munggugebang Kembali Tak Hadiri Hearing, Komisi I: Kami Akan Cek ke RS
Komisi I DPRD Gresik saat hearing hasil ujian P3D Munggugebang. foto: SYUHUD/ BANGSAONLNE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Komisi I (Bidang Pemerintahan dan Hukum) DPRD Gresik kembali gagal menghadirkan Kepala Desa (Kades) Munggugebang Wariyanto, pada hearing terkait pengaduan hasil penyaringan dan penjaringan perangkat desa (P3D) kasi pemerintahan di ruang komisi, Selasa (25/5/2021).

Dalam hearing yang dipimpin Ketua Komisi I Jumanto, S.E, Kades Wariyanto untuk kedua kalinya mangkir. Untuk ketidakhadirannya kali ini, Wariyanto berkirim surat dengan alasan sakit. Pada hearing sebelumnya, Sabtu (22/5/2021) lalu, Wariyanto juga tak hadir tanpa konfirmasi.

Berdasarkan surat keterangan dokter dari RS Semen Gresik (SG) yang dilampirkan Wariyanto, dirinya tengah menjalani perawatan terhitung sejak 22 Mei hingga hari ini (25 Mei). "Untuk dokter yang merawat dr. Yusuf, " kata Jumanto yang membacakan surat tersebut.

Lantaran Kades Munggugebang tak hadir, hearing akan dilanjut pada hari berikutnya. Namun, Komisi I belum bisa menentukan jadwalnya. Sebab, Komisi I terlebih dulu akan melakukan pengecekan dan minta keterangan dokter yang merawat Wariyanto agar yang bersangkutan dipastikan hadir dalam hearing.

BACA JUGA : 

7 Warga Meninggal Karena Covid-19, Kades Morobakung Tak Henti Ajak Warga Patuhi Prokes

Kapolres Gresik Imbau Kades Tak Perlu Takut Pakai DD untuk Tangani Covid-19

Ketua RW di Kebomas Pusing, Warga Isoman Covid-19 Non KTP Gresik Tak Bisa Dapat Bantuan

Pemkab Gresik Masih Ada Stok Rp 22 M Anggaran Refocusing APBD 2021 untuk Dampak Pandemi

Jumanto menegaskan akan segera melayangkan panggilan untuk ketiga kalinya kepada Kades Munggugebang. "Jika kembali tak hadir, kami bisa hadirkan paksa dengan minta bantuan petugas Dispol PP," terangnya.

Sebelum hearing ditutup, Jumanto minta penjelasan Kepala Inspektorat Eddy Hadisiswoyo terkait pemeriksaan khusus yang dilakukan terhadap hasil ujian kasi pemerintahan yang dilakukan oleh panitia P3D Munggugebang.

Menjawab hal ini, Eddy Hadisiswoyo mengaku sampai saat ini pihaknya belum bisa menarik kesimpulan terhadap kasus tersebut, lantaran Kades Munggugebang dan P3D belum bisa dimintai klarifikasi.

"Sampai saat ini inspektorat belum bisa menyimpulkan. Sebab, kades dan P3D belum hadir untuk memberikan klarifikasi," ungkapnya.

Untuk itu, Eddy meminta agar pihak pro Kades Munggugebang dan kontra agar menahan diri. "Kami minta sama-sama menahan diri, sebab masih proses," pungkasnya.

Hearing kali ini juga hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Gresik Mlalahatul Farda, Camat Benjeng Suryo Wibowo, Wildan Erhu Nugraha (peserta ujian Kasi Pemerintahan), LSM Lembaga T-KPK (Tim Komite Pengawasan Korupsi), dan GNBI (Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia). (hud/ian)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...