Rabu, 04 Agustus 2021 14:13

Peluang Kuliah Teknologi Gratis, Gubernur Khofifah Ajak Lulusan SMA-SMK Daftar Beasiswa Semesta

Senin, 24 Mei 2021 11:29 WIB
Editor: mma
Peluang Kuliah Teknologi Gratis, Gubernur Khofifah Ajak Lulusan SMA-SMK Daftar Beasiswa Semesta
Khofifah Indar Parawansa. Foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pesatnya perkembangan teknologi informasi global, membuat sumber daya manusia yang ahli di bidang IT makin dibutuhkan.

Kebutuhan lulusan handal bidang IT harus terus didorong sehingga nantinya pemenuhan kebutuhan tenaga ahli bidang IT bisa terus terpenuhi dan memberikan andil dalam mewujudkan Indonesia Maju.

Untuk itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi adanya program Beasiswa Semesta yang diselenggarakan Komunitas Sevima (PT Sentra Vidya Utama) yang memberikan program beasiswa pendidikan kepada lulusan SMA/SMK sederajat untuk kuliah di bidang IT.

Ia menegaskan Pemprov Jatim mendukung penuh program Beasiswa Sevima dan mendorong lulusan SMA/SMK di Jawa Timur untuk ikut mendaftar. Sebab kampus yang ditawarkan dalam program ini juga kampus-kampus favorit yang ada di Surabaya.

BACA JUGA : 

20 Peserta Lolos Beasiswa Pendidikan Kolaborasi Wali Kota Kediri dengan IIK Bhakti Wiyata

Kembali Bergulir, Total ​2.479 Mahasiswa Kota Kediri Terima Bantuan Pendidikan dari Pemkot

Pergunu DKI Jakarta Buka Beasiswa Sarjana Sastra di STIBA IEC Jakarta

Tingkatkan Kualifikasi Akademik Guru Diniyah, Pemprov Jatim Berikan 510 Beasiswa Senilai Rp15 M

"Saat ini kita sedang menuju industri 4.0, tentu lulusan bidang teknologi informasi sangat dibutuhkan. Kualifikasi teknologi informasi akan banyak dibutuhkan di dunia kerja, industri akan kian membutuhkan yang ahli di bidang artificial intelligence, mesin otomasi, dan banyak lagi. Maka lulusan-lulusan expert di bidang IT harus terus kita hasilkan untuk memenuhi tuntutan jaman," tegas Khofifah dalam rilisnya yang diterima BANGSAONINE.com, Senin, 24 Mei 2021.

Sebagaimana diketahui, Beasiswa Semesta merupakan singkatan dari 'Sevima Mencari Siswa Bertalenta'. Program dengan total hadiah Rp 300 juta ditujukan kepada siswa SMA/SMK sederajat bertalenta unggul.

Calon penerima beasiswa bisa berkesempatan kuliah di kampus favorit di Surabaya dengan bantuan berupa bebas biaya uang semester hingga lulus sarjana (S1). Selain itu, calon penerima beasiswa juga akan diajak bekerja di bidang IT (Information Technology) dan memperoleh gaji bulanan.

Beasiswa ini dapat menjadi wujud peran aktif komunitas pendidikan tinggi dalam membangun SDM unggul di Indonesia. Persyaratan mendaftar Beasiswa Semesta, antara lain adalah Warga Negara Indonesia, telah menyelesaikan pendidikan SMA/SMK/sederajat, maksimal lulusan tahun 2019, Tidak terikat beasiswa lainnya, Bersedia berdomisili di Surabaya dan Berminat di bidang IT.

Tes akan dilakukan secara online dimana calon mahasiswa yang berminat dapat langsung mengisi formulir biodata dan berkas yang dibutuhkan, di maukuliah.id/beasiswa-semesta.

Peserta yang telah mendaftar, akan menjalani tes berbasis komputer (CBT) dan tes kemampuan koding (hackaton). Semua dilakukan secara online dari rumah masing-masing. Bagi peminat dianjurkan segera mendaftar, karena pendaftaran ditutup pada Jumat 4 Juni 2021.

"Saya harap siswa-siswi Jawa Timur bisa berpartisipasi untuk unjuk kebolehan di program beasiswa ini, dan bisa menjadi generasi yang memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa," pungkas Khofifah.(tim)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...