Pertemuan Diam-Diam Ruki-Budi Waseso, Selamatkan Koruspi Polisi atau Redam Konflik

Pertemuan Diam-Diam Ruki-Budi Waseso, Selamatkan Koruspi Polisi atau Redam Konflik Taufiqurahman Ruki berjabat tangan dengan Wakapolri, Komisaris Jenderal Badrodin Haiti. Usai pelantikan pengambilan sumpah di Istana Negara. Taufiqurahman menjabat pimpinan KPK sementara, menggantikan Abraham Samad dan Bambang Widjojanto yang terjerat kasus hukum, Jakarta, 20 Februari 2015. Tempo/Aditia Noviansyah

BangsaOnline - Divisi Monitoring Hukum dan Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho mengingatkan pelaksana tugas Komisi Pemberantasan Korupsi Taufiequrachman Ruki soal kode etik. Hal ini terkait dengan pertemuan Ruki dengan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Budi Wasesa.

"Pertemuan itu apa? Kenapa diam-diam?" katanya saat dihubungi Tempo, Kamis, 26 Februari 2015. "Kami akan mengkaji pelanggaran kode etik itu."

Rabu malam, Ruki menyambangi kantor Bareskrim Mabes Polri di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan. Kedatangan Ruki nyaris tidak diketahui wartawan karena dia memasuki gedung Bareskrim secara diam-diam dari pintu belakang.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Tempo, Ruki datang dengan beberapa pengawal menggunakan mobil Lexus warna hitam bernomor polisi B-2023-BP. Mobilnya diparkir bersebelahan dengan Toyota Camry bernomor polisi B-1138-PD, yang biasa digunakan Kabareskrim Komjen Pol Budi Wasesa.

Dalam kode etik , kata Emerson, pimpinan dilarang menemui pihak-pihak yang sedang ditangani . Emerson menganggap pertemuan tersebut tidak ada masalah bila dilakukan secara formal dan transparan. "Tapi ini, kan, diam-diam, niatnya apa," ujarnya.

Ada dua dugaan Emerson atas pertemuan Ruki dan Budi Wasesa itu. Antara lain, Ruki ingin meredakan konflik institusi antara dan Polri, atau Ruki justru berupaya menyelamatkan korupsi polisi yang sedang ditangani . "Ini harus dibuktikan oleh Ruki," ujarnya.

Sumber: tempo.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Resmi Dipecat! Novel Baswedan dkk Letakkan Kartu Identitas KPK':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO