Sabtu, 19 Juni 2021 20:21

Segera Dibangun, RS Gresik Selatan Berpeluang Didirikan di Desa Tanjung Kedamean

Rabu, 12 Mei 2021 11:49 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Segera Dibangun, RS Gresik Selatan Berpeluang Didirikan di Desa Tanjung Kedamean
Plt. Asisten I Tursilowanto Harijogi menunjukkan lahan calon lokasi pembangunan RS di Gresik selatan. (foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Fandi Achmad Yani (Gus Yani) dan Wabup Gresik Aminatun Habibah (Bu Min) segera membangun rumah sakit (RS) di wilayah Gresik selatan. Pembangunan fasilitas layanan kesehatan ini sebagai wujud janji politik Bupati Gus Yani dan Wabup Bu Min saat kampanye Pilkada Gresik 2020.

Saat ini, Pemkab Gresik sedang mencari lahan untuk lokasi pembangunan RS. Salah satu calon lokasi pembangunan RS adalah di Desa Tanjung, Kecamatan Kedamean. Pertimbangan utama menempatkan RS di Desa Tanjung karena lokasinya strategis, berada di tengah-tengah wilayah Gresik selatan, antara Kecamatan Kedamean, Menganti, Driyorejo, Wringinanom, Balongpanggang, dan Benjeng.

Plt. Asisten I Sekda Gresik Tursilowanto Harijogi mengatakan, dari sekian calon lokasi pendirian RS Gresik selatan yang telah disurvei, lahan di Desa Tanjung mendapat skor tertinggi, yakni 7.

Dikatakan Tursilowanto, di Desa Tanjung ada tanah negara (TN) seluas 1,7 hektare berupa waduk desa yang tak dimanfaatkan dan kondisinya saat ini dangkal. Pemkab Gresik tengah mengajukan permohonan ke Kementerian PUPR untuk pemanfaatan lahan waduk tersebut untuk rencana pembangunan RS.

BACA JUGA : 

Hadiri Diklatsar, Wabup Bu Min Minta 120 CPNS Profesional dalam Bekerja

Petrokimia Gresik Teken MoU Pembelian Gas dengan Kangean Energy Indonesia

Update Covid-19 Gresik: Positif Tambah 19 Orang, Sembuh 8 Orang

Pandemi Covid-19 Belum Usai, Wabup Bu Min Ajak ASN Beri Contoh Tegakkan Prokes

"Jadi, pemkab sekarang mengajukan ke Kementerian PUPR untuk izin pemanfaatan waduk dan sempadan waduk," kata Tursilowanto kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (12/5/2021).

Menurut Tursilowanto, selain di Desa Tanjung, juga ada 4 lahan calon lokasi pembangunan RS yang saat ini tengah dikaji oleh tim Pemkab Gresik. Yakni di Perumahan Driyorejo dengan luas 2 hektare, lahan ini memiliki skor 5. Lalu, di Puskesmas Driyorejo dengan luas lahan 4,072 hektare dengan skor 7.

"Kemudian, lahan di Perumnas Driyorejo dengan luas 14 hektare dengan skor 6, dan terakhir lahan di Perumahan Bambe Driyorejo dengan luas 5,639 hektare dengan skor 4," pungkasnya. (hud/zar)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...