Gus Ipul Minta Pemuda Turut Dilibatkan Sebagai Petugas Pemulasaran Jenazah

Gus Ipul Minta Pemuda Turut Dilibatkan Sebagai Petugas Pemulasaran Jenazah Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat Rapat Pembinaan Petugas Pemulasaran Jenazah (modin jenazah).

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Sosial setempat menggelar kegiatan Rapat Pembinaan Petugas Pemulasaran Jenazah (modin jenazah), Kamis (6/5).

Acara yang diselenggarakan di Gedung Gradhika Kota Pasuruan ini sebagai salah satu upaya meningkatkan wawasan modin jenazah se-Kota Pasuruan dalam memberikan pelayanan dan perawatan jenazah.

Acara ini dihadiri Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Kepala Dinas Sosial beserta para Kepala Bidang, Camat, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat, Kiai Abdul Kholiq selaku narasumber, para modin, pendamping Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), serta pendamping se-Kota Pasuruan.

Dalam sambutannya, Gus Ipul meminta para pemuda turut dilibatkan sebagai petugas . Mengingat, selama ini petugas didominasi oleh kelompok lanjut usia.

Untuk langkah awal, pemuda bisa menjadi pendamping modin terlebih dahulu, dibimbing dan diberi pelatihan untuk melakukan .

Ia menyadari, sebagian pemuda merasa takut untuk melakukan . Karena itu, harus ada perubahan persepsi terhadap dari yang awalnya pekerjaan menyeramkan, menjadi sebuah pekerjaan yang mulia.

"Memandikan jenazah itu sungguh sangat mulia sekali, kalau tidak ada yang melakukan, dosa semua karena ini kewajiban. Tetapi karena adanya modin , maka yang lain kewajibannya menjadi gugur," ujar Gus Ipul.

Gus Ipul juga meminta agar stigma makam diubah, dari yang awalnya dipandang sebagai tempat menyeramkan menjadi tempat yang tampak indah dan bersih.

"Saya minta pada Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman (Perkim) untuk membuat makam yang bagus dan baik untuk menjadi tempat yang mampu mengingatkan bahwa kita akan kembali kepada Allah seperti saudara-saudara yang mendahului," pungkas Gus Ipul. (ard/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO