BPCB: Struktur Bata Kuno di Kota Blitar Tunjukkan Adanya Aktivitas Masa Lalu di Lokasi Temuan

BPCB: Struktur Bata Kuno di Kota Blitar Tunjukkan Adanya Aktivitas Masa Lalu di Lokasi Temuan Struktur batu bata kuno yang ditemukan di area persawahan di Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Struktur batu bata kuno yang ditemukan di area persawahan di Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, menunjukkan adanya aktivitas masa lalu di lokasi temuan. Hal ini diutarakan Balai Besar Cagar Budaya (BPCB) Trowulan.

Arkeolog dari BPCB Jawa Timur Nonuk Kristina mengatakan, kesimpulan ini berdasarkan hasil pengecekan yang dilakukan BPCB di lokasi temuan. "Kalau kita memprediksi harus ada data pendukung. Namun menurut data awal, di tempat ini pernah ada aktivitas di masa lalu. Dengan temuan persebaran pecahan gerabah di sekitar tumpukan batu bata," ujar Nonuk.

Dia menjelaskan, struktur bata tersebut disebut sebagai bagian dari aktivitas masa lalu, setelah dilakukan identifikasi. Ukuran batu bata tersebut diketahui berdimensi sekitar 6 cm x 20 cm x 30 cm. Ukuran ini juga merupakan bukti struktur tersebut merupakan peninggalan kuno periode kerajaan masa lalu.

Simak berita selengkapnya ...