Jelang Nataru, BNN Blitar Tes Urine Puluhan Sopir Bus

Jelang Nataru, BNN Blitar Tes Urine Puluhan Sopir Bus Sejumlah sopir bus di Terminal Patria Kota Blitar, menjalani tes urine dan check up kesehatan yang digelar oleh BNN Blitar, Jumat (22/12/2023).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Jelang libur natal dan tahun baru (nataru) 2024, Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan tes urine kepada 25 sopir bus di, Jumat (22/12/2023).

Petugas M Yusuf mengatakan tes urine ini dilakukan untuk menjamin keselamatan pengguna moda transportasi bus.

Selain itu, pihaknya juga memastikan tidak ada sopir yang mengemudikan armada bus terpengaruh narkoba. Dalam tes urine itu, selain sopir, tak luput juga kondektur dan kernet bus jadi sasaran tes urine.

"Sasarannya sopir, kondektur, dan kernet. Total ada 25 orang yang dites urine," ujar M Yusuf.

Dari 25 orang tersebut, petugas menemukan satu orang yang hasilnya samar. Kendati demikian, setelah dilakukan pengecekan berlanjut, ternyata yang bersangkutan sedang mengonsumsi obat untuk penyakit tertentu.

"Ada satu yang hasilnya samar, namun ternyata yang bersangkutan ini sedang sakit dan mengonsumsi obat," imbuhnya.

Kepala Terminal Tipe A Patria Blitar, Verie Sugiharto mengatakan selain tes urine dilakukan juga tes kesehatan serta ramp check. Ada 690 kendaraan yang menjalani ramp check.

"Tes kesehatan dilaksanakan dari Jasa Raharja dan tes urine oleh BNN Blitar. Kami juga lakukan ramp check," tuturnya.

Jumlah armada yang telah disiapkan dalam nataru sebanyak 160 unit. Sedangkan untuk arus balik, pihaknya mempersiapkan hingga 180 unit.

"Puncaknya perkiraan besok. Kemarin jumlah penumpang meningkat sekitar 95 persen sekitar 1200-1900 penumpang datang. Dominasi penumpang dari Surabaya, Malang, dan Jakarta hingga Sumatra," pungkasnya. (ina/rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Digiring Maling, Ratusan Bebek Milik Warga di Blitar Raib':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO