Senin, 10 Mei 2021 15:09

Mas Bup Dhito Jadi Inspektur Upacara Apel Pergeseran Pasukan Operasi Ketupat 2021

Rabu, 05 Mei 2021 15:33 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Mas Bup Dhito Jadi Inspektur Upacara Apel Pergeseran Pasukan Operasi Ketupat 2021
Dari kiri: Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, dan Kasdim 0809 Kediri Mayor Czi Gatot Palwo Edi. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Polres Kediri menggelar apel pergeseran pasukan Operasi Ketupat 2021 di lapangan Mapolres Kediri, Rabu (5/5/2021). Dalam kegiatan apel tersebut, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menjadi inspektur upacara.

Kegiatan apel itu sendiri diikuti oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Kediri mulai Kapolres AKBP Lukman Cahyono, TNI, Dinas Perhubungan, Kejaksaan Negeri, hingga BPBD Kabupaten Kediri.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dalam sambutannya menekankan pelaksanaan Operasi Ketupat harus bisa berjalan maksimal.

"Jangan sampai upaya-upaya penanganan Covid-19 yang sudah baik menjadi sia-sia. Oleh sebab itu, perlu kerja sama yang baik oleh seluruh stakeholder tokoh agama untuk mengimbau agar masyarakat tak melakukan mudik," ujar Mas Bup Dhito, sapaan akrab putra Menseskab Pramono Anung itu.

BACA JUGA : 

Paguyuban Sopir di Kediri Dukung Warga Tidak Mudik

Pastikan Operasi Ketupat 2021 Lancar, Irwasum Polri Tinjau Pos Pam Terminal Bungurasih

Razia Balap Liar, Polres Kediri Amankan Puluhan Sepeda Motor

Nekat Mudik, Sejumlah Mobil yang Melintas di Simpang Tiga Mengkreng Diminta Putar Balik

Sementara itu, AKBP Lukman Cahyono menjelaskan bahwa pihaknya siap melaksanakan operasi ketupat dengan maksimal demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Belajar pengalaman dari sebelumnya, ketika ada libur panjang selalu ada peningkatan angka Covid-19," ucap AKBP Lukman.

Menurutnya, perlu ada keterlibatan banyak pihak untuk menyukseskan kegiatan Operasi Ketupat 2021. "Perlu adanya keterlibatan seluruh tokoh agama dan masyarakat untuk mengimbau agar tidak mudik, tidak berkerumun dan berwisata yang berpotensi menimbulkan klaster," ungkap AKBP Lukman.

Pihaknya menyatakan, juga sudah mendirikan sebanyak enam pos pengamanan mudik, dan satu titik penyekatan di Kecamatan Kandangan.

"Untuk yang dari arah Malang, Batu, mau ke Kabupaten Kediri tidak akan diperbolehkan. Begitu sebaliknya jika ada yang dari Kediri ke Malang juga tidak akan diperbolehkan. Semuanya akan diminta untuk melakukan putar balik," jelas kapolres.

Pihaknya hanya akan memberikan izin kepada masyarakat yang keluar masuk Kabupaten Kediri dari Kecamatan Kandangan dengan syarat khusus. Salah satunya seperti adanya keperluan untuk bekerja, ada keluarga yang meninggal, hingga kepentingan untuk berobat.

"Termasuk juga ada yang melahirkan tentu masih diperbolehkan masuk melewati pos penyekatan di Kecamatan Kandangan," pungkasnya. (uji/zar)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 10 Mei 2021 05:19 WIB
Oleh: Dahlan Iskan --- LEBARAN kompak: hari Kamis, 13 Mei 2021. Maka, Disway edisi Rabu, Kamis, Jumat di sekitar Lebaran itu, saya akan menurunkan tiga tulisan tentang kebijakan energi untuk kebangkitan negeri.Lebaran tahun ini banyak waktu untu...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...