Senin, 10 Mei 2021 14:05

Dinkes Kota Baru Gelar Pertemuan Advokasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Rabu, 05 Mei 2021 15:10 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Agus Salimullah
Dinkes Kota Baru Gelar Pertemuan Advokasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat
Dinas Kesehatan Kota Batu menyelenggarakan Pertemuan Advokasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di ruang pertemuan Gedung B Lantai 2 Balai Kota Among Tani Kota Batu. (foto: ist)

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan Kota Batu menyelenggarakan Pertemuan Advokasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di ruang pertemuan Gedung B Lantai 2 Balai Kota Among Tani Kota Batu.

Acara ini mempertemukan Dinas Kesehatan Kota Batu, SKPD yang bermitra dalam upaya Germas dengan tim audiensi dari Kementerian Kesehatan yang dipimpin oleh Kasubdit Potensi Sumber Daya Promkes Bambang Purwanto, S.K.M., M.K.M., dan tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu drg. Kartika Trisulandari, saat membuka secara resmi pertemuan Advokasi Germas Kota Batu menyampaikan bahwa tujuh pilar Germas sangat membantu dan berkontribusi agar masyarakat bisa survive di masa pandemi.

Dia juga menyampaikan bahwa SKPD yang bermitra dalam upaya Germas membuat Kota Batu mampu mencapai berbagai prestasi dalam kesehatan. Salah satunya adalah status Open Defecation Free (ODF) 100%, pemberian makanan tambahan untuk nutrisi dan kesehatan anak, hingga edukasi masyarakat melalui media sosial dan TV Lokal.

BACA JUGA : 

13 Satuan Pendidikan di Kota Batu Lolos Program Sekolah Penggerak Kemendikbud

Cek Kesiapan Akhir, Forkopimda Kota Batu Laksanakan ​Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021

Dampak Larangan Mudik, Pengusaha Vila di Kota Batu Makin Terpuruk

Larangan Mudik, Warga Luar Kota yang Nekat Masuk Kota Batu Siap-siap Diswab dan Dikarantina

"Kami mohon masukan dan arahan dari tim audiensi Kementerian Kesehatan dan tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur," ujar drg. Kartika.

Acara lalu dilanjutkan dengan pemaparan indikator Germas di 2020 oleh Kasubdit Potensi Sumber Daya Promkes Bambang Purwanto, S.K.M., M.K.M.

Ada tujuh langkah penting dalam mewujudkan gerakan hidup sehat ini, antara lain melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, melakukan cek kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan menggunakan jamban. (asa/zar)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 10 Mei 2021 05:19 WIB
Oleh: Dahlan Iskan --- LEBARAN kompak: hari Kamis, 13 Mei 2021. Maka, Disway edisi Rabu, Kamis, Jumat di sekitar Lebaran itu, saya akan menurunkan tiga tulisan tentang kebijakan energi untuk kebangkitan negeri.Lebaran tahun ini banyak waktu untu...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...