Rabu, 23 Juni 2021 15:16

Seru! Bupati Kediri Larang Uang Parkir di Kantor Milik Pemkab, Ternyata Pengelolanya Anggota DPRD

Minggu, 02 Mei 2021 14:29 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Muji Harjita
Seru! Bupati Kediri Larang Uang Parkir di Kantor Milik Pemkab, Ternyata Pengelolanya Anggota DPRD
Masykur Lukman, Anggota DPRD Kabupaten Kediri menunjukkan surat perjanjian sewa pengelolaan lahan parkir antara Pemkab Kediri dengan dirinya. foto: Muji Harjita/ BANGSAONLINE.com.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menegaskan sejak bulan Maret 2021 lalu, seluruh tempat pelayanan publik milik Pemerintah Kabupaten Kediri, harus bebas dari pungutan apapun. Termasuk uang parkir.

"Yang jelas bahwa tempat-tempat pelayanan publik dan perkantoran milik Pemerintah Kabupaten Kediri tidak boleh ada tarikan," kata Mas Bup Dhito, sapaan Bupati Kediri itu kepada wartawan usai acara buka bersama dengan awak media di Pendopo Panjalu Jayati, Jumat (30/4) lalu.

Terkait dengan lahan parkir di halaman Dispendukcapil Kabupaten Kediri yang ternyata sudah ada perjanjian sewa antara Pemkab Kediri dan pihak pengelola, Mas Bup Dhito membenarkannya.

"Tapi perjanjian sewa tersebut dilakukan pada masa pemerintahan sebelum saya. Mulai tanggal 8 Maret kemarin sudah kita terbitkan larangannya, bahwa seluruh area perkantoran dan pelayanan publik, tidak ada tarikan parkir," tegasnya.

BACA JUGA : 

Kurangi Kawasan Kumuh, Pemkab Kediri Mulai Bangun Infrastruktur di Kampung Inggris

Dapat Banyak Laporan Masyarakat, Mas Bup Dhito Larang Pungli di Objek Wisata Kediri

Peringati 100 Hari Kepemimpinan Bupati Kediri Dhito, Aliansi Penegak Demokrasi Gelar Demo

Panglima TNI: Jadikan Protokol Kesehatan sebagai Sebuah Kebutuhan

Seperti diberitakan, Bupati Kediri melakukan inspeksi mendadak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), pada Jumat (30/4/21) lalu.

Sidak itu dilakukan untuk mengetahui pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan di dua satker tersebut.

Dalam sidak ini bupati melihat langsung pelayanan di Dispendukcapil, karena selama ini salah satu keluhan yang sering disampaikan adalah layanan administrasi kependudukan. Ia juga berdialog dengan salah satu warga yang mengantre mengurus dokumen kependudukan.

Bupati juga menyasar ke lahan parkir di halaman Kantor Bapenda dan Dipendukcapil, yang dikelola oleh pihak ketiga, yaitu seorang anggota DPRD Kabupaten Kediri.

Bahkan Bupati Dhito sempat marah ketika mengetahui ada tarikan parkir tersebut. Video saat Dhito sidak dan memarahi tukang parkir, sempat viral di medsos.

(Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat sidak di lahan parkir di halaman Kantor Dispendukcapil Kabupaten Kediri. foto: muji harjita/ bangsaonline.com) 

Gonjang-ganjing pengelolaan lahan parkir di halaman kompleks Perkantoran Bhagawanta Bari, Jalan Pamenang Desa Katang, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, itu langsung mendapat tanggapan dari H. Masykur Lukman, pengelola lahan parkir sekaligus anggota DPRD Kabupaten Kediri.

Kepada sejumlah wartawan, Masykur Lukman membantah jika lahan parkir kendaraan di halaman kompleks perkantoran Bhagawanta Bari yang dikelolanya, dikatakan ilegal.

Menurut Lukman, pengelolaan lahan parkir itu sesuai prosedur. Bahkan ia menunjukkan bukti-bukti pengajuan pengelolaan lahan parkir ke Pemerintah Kabupaten Kediri dan telah ada perjanjian kontraknya.

"Perjanjian ini adalah kebijakan bupati yang lama ini. Kalau misalkan Mas Bup Dhito tidak memperbolehkan, ya gak apa-apa. Sesuai isi perjanjian sewa itu, saya sudah membayar uang sewa Rp. 22 juta per tahun.

Lukman menjelaskan, bahwa perjanjian sewa ditandangani pada tanggal 1 Februari 2021, antara Pemerintah Kabupaten Kediri yang diwakili Sekretaris Daerah Pemkab Kediri Dede Sujana dengan ia sendiri sebagai pihak ketiga.

"Ruang lingkup perjanjian sewa tersebut adalah pemanfaatan aset daerah milik Pemkab Kediri, berupa sebagian lahan di halaman kantor kompleks Bhagawanta Bari untuk lahan perparkiran kendaraan bermotor," ujar Masykur Lukman sambil menunjukkan surat perjanjian sewa yang dimilikinya. (uji)

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Rabu, 23 Juni 2021 06:20 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Perang Diponegero melawan penjajah Belanda menimbulkan korban luar biasa. Ribuan penjajah Belanda tewas. Begitu juga para pejuang Indonesia. Bahkan Belanda sempat kewalahan.Perang Diponegoro pecah karena penjajah Beland...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...