Selasa, 15 Juni 2021 19:58

PKB Tunjuk Erjik Bintoro Gantikan Chusainuddin

Kamis, 29 April 2021 22:36 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
PKB Tunjuk Erjik Bintoro Gantikan Chusainuddin
Anik Maslachah, S.Pd., M.Si., Sekretaris DPW PKB Jatim. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sekretaris DPW Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Timur, Anik Maslachah mengungkapkan partainya telah menunjuk Erjik Bintoro sebagai pengganti Chusainuddin. Pergantian Antar Waktu (PAW) itu dilaksanakan karena Chusainuddin, Anggota Fraksi PKB DPRD Jatim meninggal dunia.

Pengganti Chusainuddin adalah Erjik Bintoro, seorang politikus senior. Erjik adalah mantan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri. Ia juga mantan Ketua DPRD Kabupaten Kediri periode 2009-2014.

"Iya, benar. Pengganti mas Udin (Chusainuddin) atas nama Erjik Bintoro sebagai peraih suara kedua terbanyak setelah mas Udin," kata Anik yang juga penasihat Fraksi PKB sekaligus Wakil Ketua DPRD Jatim tersebut, Kamis (29/4/2021).

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam mengaku telah menerima surat permohonan pergantian antar waktu anggota DPRD Jatim Fraksi PKB atas nama Erjik Bintoro. Ia menggantikan Chusainuddin.

BACA JUGA : 

DPRD Jatim Minta Penyekatan dan Swab Massal di Suramadu Dilanjutkan Hingga Satu Bulan ke Depan

DPRD Jatim Sesalkan Ada Contoh Pacaran di LKS Madrasah Ibtidaiyah

DPRD Jatim Ingatkan Ledakan Covid-19 di Bangkalan Bisa Merembet ke Surabaya

Dewan Imbau Pemprov Jatim Libatkan Ulama Tangani Covid-19 di Bangkalan

"Surat permohonan PAW atas nama Erjik Bintoro sudah kami terima dari DPRD Jatim per tanggal 26 April 2021. Surat itu sudah kami proses dan langsung diteruskan ke DPRD Jatim sehari setelahnya. Setelah itu, surat akan diteruskan ke Mendagri melalui Gubernur Jatim," terang Anam.

Selama ini Erjik dikenal sebagai politikus senior PDI perjuangan. Pada pemilu 2014 ia mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jatim VI yang meliputi Kota dan Kabupaten Kediri serta Kota dan Kabupaten Blitar dan Kabupaten Tulungagung. Ia gagal melenggang ke Senayan karena perolehan suaranya di bawah Pramono Anung.

Namun Pramono Anung harus melepas statusnya sebagai Anggota DPR RI karena ia ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sekretaris Kabinet. Erjik pun berpeluang menggantikan Pramono Anung di Senayan. Sebab, ia adalah caleg PDI Perjuangan satu dapil dengan perolehan suara terbesar kedua. Tapi, DPP PDI Perjuangan lebih memilih Eva Kusuma Sundari sebagai pengganti Pramono Anung, sekalipun perolehan suaranya di bawah Erjik Bintoro.

Pasca gagal menggantikan Pramono Anung lewat PAW di tahun 2015, Erjik tak lagi aktif di PDI Perjuangan. Namun tiba-tiba, pada pemilu 2019 ia membuat kejutan dengan maju sebagai caleg DPRD Jatim dari PKB untuk daerah pemilihan Jatim VIII yang meliputi Kota dan Kabupaten Kediri. Perolehan suaranya berada di bawah Chusainuddin. (mdr/rev)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipanggil pr...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...