Sabtu, 19 Juni 2021 19:09

Pemkab Kediri Gelar Pondok Ramadan, Bertemakan "Gender dalam Pandangan Islam"

Rabu, 28 April 2021 12:12 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Pemkab Kediri Gelar Pondok Ramadan, Bertemakan "Gender dalam Pandangan Islam"
Ketua Komisi Fatwa MUI Kabupaten Kediri Dr. Masyari Masduqi saat menyampaikan tausiah di hadapan peserta pondok Ramadan di Pendopo Panjalu Jayati. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Kediri kembali menggelar kegiatan Pondok Ramadan 1442 H di Pendapa Panjalu Jayati, Selasa (27/4/2021) kemarin sore. Tema yang diangkat pada kegiatan kali kedua ini yaitu "Gender dalam Pandangan Islam".

Tausiah disampaikan oleh Ketua Komisi Fatwa MUI Kabupaten Kediri Dr. Masyari Masduqi. Di hadapan peserta pondok Ramadan, Dr. Masyari Masduqi menyampaikan bahwa Islam datang untuk memuliakan perempuan.

Salah satu contohnya, lanjut Dr. Masyari Masduqi, adalah kewajiban perempuan untuk menutup aurat. Hal ini untuk menjaga dan melindungi perempuan serta menutup peluang terjadinya kejahatan.

"Aurat perempuan adalah seluruh tubuhnya, kecuali wajah dan telapak tangan, baik waktu salat maupun di luar salat. Ini bertujuan untuk memuliakan perempuan. Jika pakaiannya terbuka, orang akan berani menghina atau melecehkan. Sementara dengan tertutupnya aurat, orang akan segan," ujar Dr. Masyari.

BACA JUGA : 

Hujan dan Angin Landa Kediri, Pohon Trembesi Besar Tumbang Timpa Tiga Warung

Wali Kota Kediri Ajak Forkopimda Sinergi Tekan Penyebaran Covid-19

Tekan Laju Corona, Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri Terus Lakukan Tracing

Dapat Banyak Laporan Masyarakat, Mas Bup Dhito Larang Pungli di Objek Wisata Kediri

Menurut Dr. Masyari, dalam Islam tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam hal melakukan kebaikan, namun yang mulia adalah yang bertakwa. Perempuan juga tidak dilarang untuk melibatkan diri mereka di dalam berbagai bidang pekerjaan untuk mencari rezeki yang halal.

Sementara dalam berkeluarga, laki-laki adalah pemimpin dan istri adalah makmum. Menjadi kewajiban istri untuk taat kepada suami selama hal itu dalam perkara kebaikan, bukan dalam hal kemaksiatan.

"Laki-laki dijadikan pemimpin bagi istri karena ada kewajiban memberi nafkah, namun bukan berarti bisa berlaku semena-mena. Tidak ada kewajiban istri mencari nafkah, namun jika ia bekerja dan membantu suami, artinya ia istri yang baik," tambah Dr. Masyari Masduqi.

Sebagai informasi, pondok Ramadan tahun ini diselenggarakan secara offline dan online. Selain digelar di Pendapa Panjalu Jayati, kegiatan ini juga dilaksanakan melalui Zoom Meeting dan diikuti anggota PKK kecamatan dan desa se-Kabupaten Kediri. (uji/zar)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...