Kolaborasi, GoPay dan Baznas Sukseskan Gerakan Cinta Zakat

Kolaborasi, GoPay dan Baznas Sukseskan Gerakan Cinta Zakat Salah satu mitra driver Gojek sedang melakukan pembayaran zakat secara digital melalui GoPay. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menurut Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah FEB UI 2020, selama pandemi, transaksi zakat, infak, dan sedekah () mengalami pertumbuhan 26,1 persen berkat peningkatan adopsi teknologi digital oleh lembaga amil zakat.

Hal ini salah satunya karena adanya Gerakan Cinta (GCZ) yang diresmikan oleh Presiden Jokowi. Gerakan Cinta ini membuat GoPay dan bekerja sama atau berkolaborasi dengan berfokus pada aspek edukasi mengenai kemudahan dan keamanan berdonasi digital.

Pimpinan RI Rizaludin Kurniawan, S.Ag., M.Si., menjelaskan bahwa Gerakan Cinta pada tahun ini ditargetkan Rp503 miliar untuk zakat, infak, dan sedekah (). Dengan target 30 persennya dari transaksi digital.

"Dengan kemudahan dan luasnya jangkauan yang dihadirkan GoPay, diharapkan proses penghimpunan zakat dapat menjadi lebih efektif dan efisien," ujarnya, Selasa (27/4/2021).

Sementara itu, Managing Director GoPay Budi Gandasoebrata mengatakan bahwa transaksi digital terus menjadi pilihan masyarakat di masa pandemi, termasuk untuk beramal. GoPay menjadi salah satu pilihan utama bagi masyarakat untuk berdonasi secara digital.

"Pengguna GoPay yang membayarkan zakat melalui fitur GoTagihan di meningkat hampir 3 kali lipat pada 2020 dibanding tahun sebelumnya. Meskipun demikian, edukasi mengenai manfaat pembayaran secara digital harus tetap ditingkatkan," tandasnya.

Pihaknya berharap, dengan sosialisasi yang dilakukan GoPay bersama , dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berdonasi secara digital, sehingga dapat memaksimalkan penghimpunan zakat yang akan membantu pemulihan ekonomi Indonesia.

Dalam lima tahun terakhir, ekosistem donasi Indonesia semakin berkembang. Riset melaporkan, rata-rata kenaikan nilai per donasi digital sebesar 72 persen selama pandemi. GoPay sendiri mencatat, transaksi donasi meningkat 2,5 kali lipat pada 2020, dengan total nilai donasi mencapai Rp136 miliar.

"Pengguna GoPay yang ingin membayar zakat cukup membuka fitur GoTagihan pilih menu zakat dan lembaga tujuan, lalu masukkan jumlah yang ingin dibayarkan. Mereka bisa zakat tanpa tatap muka di 400 rumah ibadah dan LAZ yang telah bekerja sama dengan kami," pungkasnya. (diy/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO