Selasa, 15 Juni 2021 20:03

Antisipasi Banjir, Mas Bup Dhito Akan Bangun Embung di Sekitar Lokasi Bandara Kediri

Senin, 26 April 2021 10:42 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Antisipasi Banjir, Mas Bup Dhito Akan Bangun Embung di Sekitar Lokasi Bandara Kediri
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (nomor 2 dari kiri) saat meninjau proyek pembangunan Bandara Kediri. (foto: kominfo)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Guna mengantisipasi terjadinya banjir di sekitar area pembangunan Bandara Kediri, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana akan membangun embung (danau buatan) di sekitar area Bandara Kediri.

Ketika musim hujan, di sejumlah tempat yang menjadi titik lokasi pembangunan Bandara Kediri di antaranya Kecamatan Banyakan, Grogol, dan Tarokan, memang sering mengalami banjir dengan intensitas tinggi.

Menurut Bupati Kediri, banjir yang terjadi di sekitar lokasi bandara bukan sepenuhnya disebabkan karena pembangunan bandara. Melainkan, karena resapan air di wilayah itu berkurang.

"Untuk masalah banjir, jangan menyalahkan adanya proyek bandara, karena sebelumnya sejumlah resapan air atau pohon penahan air berkurang. Di Lereng Gunung Wilis itu awalnya ditanami pohon, tapi sekarang diganti tanaman bawang merah. Nah hal itu yang diduga menyebabkan banjir," katanya.

BACA JUGA : 

Tak Alami Menstruasi, Ani Chasanah Minta PN Kediri Ganti Statusnya Jadi Lelaki Tulen

Datangkan Dokter Spesialis Anak, Home Care Peduli RSUD Gambiran Bantu Rujuk Pasien ke RS Dr. Soetomo

Peringati 100 Hari Kepemimpinan Bupati Kediri Dhito, Aliansi Penegak Demokrasi Gelar Demo

Ditinggal Ayahnya Ambil Tas di Mobil, Bocah Empat Tahun Tewas di Kolam Renang Hotel

Untuk mengatasinya, ia segera memanggil Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kediri untuk diajak berdiskusi.

"Salah satu gagasan alternatif adalah berupa pembangunan embung di sekitar bandara sebagai langkah mengantisipasi banjir di musim penghujan dan bencana kekeringan pada musim kemarau," ujar bupati yang akrab disapa Mas Bup Dhito itu, usai melakukan kunjungan ke lokasi proyek Bandara Kediri, Sabtu (24/4/2021).

Bupati menambahkan, bahwa di sekitar bandara ini ada dua aliran sungai yang melintas yang nantinya akan digunakan untuk mengalirkan air dari embung. Yakni Sungai Kolokoso dan Sungai Jadisingat.

"Saya sedang rembukan dengan PUPR, supaya dibuatkan dua embung besar di dekat bandara. Kalau musim kemarau, fungsinya untuk mengalirkan air, sekaligus bisa menampung air dan mencegah banjir, jika datang musim hujan. Kita lakukan DED (Detail Engineering Design) dulu dan prosesnya panjang," pungkas Mas Bup Dhito. (adv/kominfo)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipanggil pr...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...