Antisipasi Banjir, Mas Bup Dhito Akan Bangun Embung di Sekitar Lokasi Bandara Kediri

Antisipasi Banjir, Mas Bup Dhito Akan Bangun Embung di Sekitar Lokasi Bandara Kediri Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (nomor 2 dari kiri) saat meninjau proyek pembangunan Bandara Kediri. (foto: kominfo)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Guna mengantisipasi terjadinya banjir di sekitar area pembangunan , Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana akan membangun embung (danau buatan) di sekitar area .

Ketika musim hujan, di sejumlah tempat yang menjadi titik lokasi pembangunan di antaranya Kecamatan Banyakan, Grogol, dan Tarokan, memang sering mengalami banjir dengan intensitas tinggi.

Menurut Bupati Kediri, banjir yang terjadi di sekitar lokasi bandara bukan sepenuhnya disebabkan karena pembangunan bandara. Melainkan, karena resapan air di wilayah itu berkurang.

"Untuk masalah banjir, jangan menyalahkan adanya proyek bandara, karena sebelumnya sejumlah resapan air atau pohon penahan air berkurang. Di Lereng Gunung Wilis itu awalnya ditanami pohon, tapi sekarang diganti tanaman bawang merah. Nah hal itu yang diduga menyebabkan banjir," katanya.

Untuk mengatasinya, ia segera memanggil Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kediri untuk diajak berdiskusi.

"Salah satu gagasan alternatif adalah berupa pembangunan embung di sekitar bandara sebagai langkah mengantisipasi banjir di musim penghujan dan bencana kekeringan pada musim kemarau," ujar bupati yang akrab disapa Mas Bup Dhito itu, usai melakukan kunjungan ke lokasi proyek , Sabtu (24/4/2021).

Bupati menambahkan, bahwa di sekitar bandara ini ada dua aliran sungai yang melintas yang nantinya akan digunakan untuk mengalirkan air dari embung. Yakni Sungai Kolokoso dan Sungai Jadisingat.

"Saya sedang rembukan dengan PUPR, supaya dibuatkan dua embung besar di dekat bandara. Kalau musim kemarau, fungsinya untuk mengalirkan air, sekaligus bisa menampung air dan mencegah banjir, jika datang musim hujan. Kita lakukan DED (Detail Engineering Design) dulu dan prosesnya panjang," pungkas Mas Bup Dhito. (adv/kominfo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO