Rabu, 23 Juni 2021 15:49

Iba dan Kagumi Aktivitas Seorang Difabel di Medsos, Bhabinkamtibmas Polsek Rengel Hadiahi Kursi Roda

Jumat, 23 April 2021 20:44 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Iba dan Kagumi Aktivitas Seorang Difabel di Medsos, Bhabinkamtibmas Polsek Rengel Hadiahi Kursi Roda
Sungkono terharu saat menerima bantuan kursi roda dari Bhabinkamtibmas Polsek Rengel Bripka Puguh Prasetyo.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Tangis haru Sungkono (39) pecah usai menerima usai menerima 1 unit kursi roda dari Bhabinkamtibmas Polsek Rengel, Bripka Puguh Prasetyo, Jumat (23/4/2021).

Pria asal Dusun Randupagir, Desa Pekuwon, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban tak kuasa menahan air mata saat mengetahui Bripka Puguh Prasetyo mengunjungi kediamannya dan menyerahkan kado spesial tersebut.

Sungkono alias Sabar ini mengaku sangat bahagia atas perhatian dan bantuan dari kepolisian kepadanya.

"Saya merasa senang atas perhatian dan bantuan dari Pak Bhabin dan Polsek Rengel, sekali lagi kami sampaikan terima kasih semoga ini bermanfaat untuk saya dan berkah untuk Pak Polisi," ungkap Sungkono sembari menyeka air matanya.

BACA JUGA : 

Selama Pandemi, Kasus Penyalahgunaan Narkotika di Tuban Meningkat

Tak Dihadiri Bupati dan Wabup, Paripurna DPRD Tuban Batal Digelar

Lantik Bupati Tuban, Gubernur Khofifah Minta Janji Politik saat Kampanye Dimasukkan RPJMD

Diseruduk Pikap dari Belakang, Remaja Putri asal Lamongan Tewas di Pantura Tuban

Sembari duduk di kursi roda barunya itu, ia menceritakan awal mula ia menderita kelumpuhan. Sambil sesekali menitikkan air mata yang sudah tidak bisa dibendung.

"Ceritanya saat duduk di bangku kelas 1 MTs mengalami kecelakaan ketika naik sepeda ontel. Awalnya sakitnya tidak begitu terasa. Tiga tahun berlalu, saat berenang bersama teman-temannya tiba-tiba kaki dan tangan tidak bisa digerakkan dan hampir saja tenggelam. Untungnya dapat diselamatkan warga," tuturnya lirih.

Hidup di rumah berdinding batu bata seorang diri, niatnya untuk mendapat perawatan hanya sebatas angan-angan mengingat dirinya bukanlah keluarga yang berada. Keinginannya untuk sembuh terpaksa harus dipendam dalam-dalam akibat terkendala biaya.

Karena untuk keperluan dan kegiatan sehari-hari saja ia harus dibantu oleh saudaranya yang tinggal di sebelah rumahnya. Meski begitu, ia tetap selalu bersyukur dan menerima kondisinya sekarang ini.

"Saya tidak bisa membalas apa-apa. Saya hanya bisa doakan semoga Bapak sehat selalu dan diberikan kelancaran rizki oleh Allah SWT," doa Sungkono kepada Bripka Puguh.

Sementara itu, Bripka Puguh Prasetyo menuturkan, sudah beberapa lama dia memperhatikan Sungkono yang aktif di media sosial facebook dengan nama akun "Sabar Pekuwon Rengel". Dari beberapa postingannya itu, ia merasa iba dan terharu sekaligus takjub melihat kondisinya yang ternyata memang begitu memprihatinkan.

"Di tengah keterbatasannya, beliau mampu memberikan hal positif dan bermanfaat di media sosial. Beliau ini juga aktif sebagai admin salah satu Forum Jual Beli di Facebook bahkan hanya dengan satu jari," tuturnya.

Hanya dengan satu jari, Sungkono ini mampu dengan terampil mengetik huruf demi huruf di gawai maupun laptop yang menemaninya sehari-hari. Tentu hal ini merupakan sebuah anugerah dari keterbatasan darinya.

"Tentu hal ini membuat saya merasa bangga dengan beliau, perjuangannya menginspirasi banyak orang, dan sedikit yang kami berikan ini tentu tak sebanding dengan perjuangannya, namun semoga ini bermanfaat," pungkas Puguh.

Apresiasi datang dari Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono atas apa yang dilakukan anggotanya tersebut. Langkah yang dilakukan Bripka Puguh dapat menadi contoh bagi anggota atau Bhabinkamtibmas lain yang peduli dan bisa menyatu dengan warga binaannya.

"Ini kegiatan yang sangat mulia, sekaligus sebagai bentuk kepedulian anggota Polri selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat," ucap AKBP Ruruh. (gun/ian)

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Rabu, 23 Juni 2021 06:20 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Perang Diponegero melawan penjajah Belanda menimbulkan korban luar biasa. Ribuan penjajah Belanda tewas. Begitu juga para pejuang Indonesia. Bahkan Belanda sempat kewalahan.Perang Diponegoro pecah karena penjajah Beland...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...